• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

“ HUT KOTA SEMARANG, BURSA GRATIS UNTUK PENCARI KERJA”

 20-04-2016 11:16 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 424 kali Berita Kota
Semarang, Pemerintah Kota Semarang betul-betul serius dalam menangani pengentasan pengangguran  di Kota Semarang. Masih dalam rangka HUT Kota yang ke-469, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang menyelenggarakan Job Fair atau Bursa Kerja Tahap I tahun 2016 di Jl. Ki Mangunsarkoro No. 21 Semarang (04/20).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan didampingi oleh Wakil Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah, Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Segenap SKPD Kota Semarang, perwakilan APINDO dan BPJS Kota Semarang, serta perwakilan perusahaan peserta Bursa Kerja.

Dalam laporannya Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kota Semarang Eddy Riyantro menyampaikan bahwa Bursa Kerja Tahap I tahun 2016 ini adalah gratis bagi pencari kerja dan diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 20-21 April 2016 dan diikuti oleh 50 perusahan dengan 5053 lowongan pekerjaan antara lain dari POLRI, Perhotelan, Garment, Perbankan, Finance, Retail, Asuransi, Restoran, Persero, Industri Pengolahan, Rumah Sakit. 

Eddy menambahkan bahwa tujuan dari Bursa Kerja ini adalah untuk memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan ketrampilannya. Selain itu Bursa Kerja ini untuk mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja. Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah Wika Bintang sangat mengapresisasi Bursa Kerja yang diselenggarakan oleh Disnakertrans Kota Semarang tersebut, agar bisa dicontoh oleh Dinas Tenaga Kerja yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Sementara dalam sambutannya Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan bahwa  berbagai upaya telah Pemerintah Kota Semarang lakukan dalam rangka mengatasi masalah pengangguran, di antaranya melalui pelatihan dan penempatan kerja, penyelenggaraan bursa kerja dan membantu permodalan bagi para pelaku usaha khususnya UMKM. Karenanya, bursa kerja ini menjadi sarana yang pas yang sangat bermanfaat bagi parapencari kerja, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan juga bagi Pemerintah.

Bagi para pencari kerja, bursa kerja menjadi media yang memberikan banyak pilihan pekerjaan sehingga para pencari kerja bisa menentukan pilihan lowongan secara langsung sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dimiliki. Selanjutnya, bagi perusahaan, bursa kerja menjadi sarana guna mengetahui dan mendapatkan pelamaryang berkualitas sesuai syarat dan kompetensi yang dibutuhkan. Hendi juga berpesan kepada pencari kerja bahwa persaingan mencari kerja sangatlah ketat.

“Khusus kepada kawan-kawan pencari kerja, Saya berpesan bahwa persaingan mencari kerja sangat ketat. Hanya yang punya nilai plus yang akan memenangkan kompetisi. Untuk itu, jangan hanya puas dengan apa yang panjenengan miliki saat ini. Kapasitas dan kualitas diri harus terus diasah dan ditingkatkan sehingga bisa memenangkan persaingan. Dan yang terakhir, mencari kerja silakan, namun dengan melihat kesempatan kerja yang ada, tentu harus mulai ditanamkan dalam diri panjenengan jiwa dan semangat kewirausahaan. Di samping memperoleh pendapatan, wirausaha juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat”. imbuhnya.