• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Apresiasi Tim Robotik Unissula

 20-04-2016 15:31 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 332 kali Berita Kota
Apresiasi diberikan Pemkot Semarang kepada tim robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Apresiasi diberikan atas keberhasilan tim dalam menyabet gelar juara umum pada kontes robot internasional yang diselenggarakan di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat.

Tim robotik Unissula didampingi oleh Rektor, Anis Malik Thoha, pembantu rektor serta jajaran Unissula diterima oleh Walikota Semarang beserta Kepala Dinas Kebakaran dan jajaran kepala SKPD Pemkot Semarang di ruang rapat Dinas Kebakaran, Jalan Madukoro Semarang. Tim robotik ini terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Teknologi yaitu dari Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri. Tim berhasil menorehkan prestasi internasional dalam ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest yang diselenggarakan pada 2-3 April lalu di Amerika Serikat. Tim robotik Unissula tersebut berhasil mengalahkan 80 pesaingnya dari berbagai negara seperti China, Tiongkok, Israel, dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat.

Menurut Rektor, lomba terbagi dalam 4 kategori yakni tingkat junior atau dasar, tingkat high school, senior untuk mahasiswa dan umum, dan walking category untuk robot pemadam api berkaki. Sesuai peraturan dan kategori lomba, tim Unissula mengikutsertakan empat robot yaitu dua robot pemadam api beroda yang dinamai Khaum I dan Khaum II serta dua robot pemadam api berkaki, dengan nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II, lanjutnya. Tim robotik Unissula berhasil meraih gelar juara umum setelah memborong berbagai juara dalam sejumlah kategori lomba yang diselenggarakan. Diantaranya, robot pemadam api beroda yang menjadi juara I dan II pada kategori senior. Sedangkan untuk kategori robot pemadam api berkaki, meraih juara juara I dan II sekaligus penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score.

“Perjuangan tim diawali dari perlombaan di tingkat regional dan nasional dengan berbagai PTN dan PTS se-Indonesia, hingga terpilih dua pemenang yang mewakili Indonesia di tingkat internasional yakni Unissula dan Unsri,” terang Anis. Tim, lanjutnya, sempat mengalami kendala teknis maupun non teknis seperti pengurusan visa hingga kesulitan mencari komponen di Amerika dikarenakan adanya perubahan peraturan dari panitia lomba di detik-detik akhir. Namun, berkat doa dan dukungan semua pihak, Alhamdulillah gelar juara umum berhasil diraih.

Menanggapi hal tersebut, Walikota menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perjuangan dan prestasi yang telah diraih tim robotik dari Unissula.“Keberhasilan ini merupakan embrio bagi kreativitas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang harapannya dapat menginspirasi generasi muda lainnya,” ungkap Walikota. Keberhasilan ini, lanjutnya, juga membuktikan bahwa PTS yang ada di Kota Semarang merupakan PTS hebat yang mampu mendunia dan bersaing dengan PTN PTS lainnya.

Perjalanan dan perjuangan yang tak mulus ini menunjukkan adanya sikap kerja keras yang menjadi bagian dari karakter bangsa Indonesia. Kedepan, Walikota berharap konsep ini ditangkap oleh jajaran Pemkot, swasta, dan investor untuk kemudian dikembangkan menjadi produk masal. Dari konsep yang sederhana ini, lanjutnya, dapat menjadi luar biasa dalam mengatasi potensi kebakaran.    Usai beramah tamah, Walikota menyaksikan langsung demo aksi pemadaman robot pemadam api berkaki yang berhasil memadamkan titik sumber api meski telah diberikan pengecoh berupa korek api.