• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berkinerja Terbaik Se-Indonesia, Semarang Peroleh Parasamya Purnakarya Nugraha

 25-04-2016 18:22 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 861 kali Berita Kota
Mendekati hari jadinya yang ke 469, Kota Semarang mendapatkan kado istimewa. Senin (25/4)  Walikota Semarang Hendrar Prihadi berdasarkan Keppres RI No 20/TK/Tahun 2016 menerima Tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kala di di Alun-alun Kabupaten Kulon Progo DIY. Penghargaan tersebut merupakan pengakuan Pemerintah pusat atas prestasi dan kinerja terbaik Pemerintah Kota Semarang dibawah kepemimpinan Hendi selama tiga tahun berturut-turut dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana mengacu pada hasil evaluasi terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2012, 2013 dan 2014.

LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah yang dilaporkan kepada Pemerintah setiap Tahun berdasarkan PP No.3 Tahun 2007 dan dilakukan evaluasi sejak tahun 2009 sesuai amanat PP No.6 Tahun 2008. Ini merupakan upaya menilai keberhasilan daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah. Sementara Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla usai menyerahkan penghargaan mengucapkan selamat kepada Gubernur, Walikota, dan Bupati yang telah memperoleh penghargaan.

"Selamat kepada Kepala Daerah yang telah memimpin daerahnya dan berhasil mencapai tujuan Otonomi Daerah seperti yang telah kita lakukan," ujarnya. Ia menambahkan bahwa kita harus memahami tujuan otonomi adalah untuk kesejahteran masyarakat dengan mengembangan daerah dengan potensi dan kekhasan daerah masing-masing.

"Daerah satu dengan yang lain memiliki potensi yang berbeda. Tidak bisa diatur dengan aturan yang sama. Melalui otonomi daerah artinya kita memberi kewenangan daerah untuk mengatur daerahnya sendiri," tutur Jusuf Kalla. Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan berbagai upaya seperti meningkatkan pelayanan masyarakat, pengembangan demokrasi karena otonomi daerah dan demokrasi adalah sesuatu yang sejalan.

"Otonomi daerah juga diperlukan untuk memelihara hubungan antara pusat dan daerah  dalam rangka NKRI. Banyak masyarkat dan wilayah yang memiliki kemampuan dan potensi yang harus digerakkan oleh Pemerintah daerah karena hanya Pemerintah daerahlah yang tahu kelebihan masing-masing. Selain itu partisipasi masyarkat juga perlu ditingkatkan dalam otonomi daerah melalui peran legeslatif daerah atau DPRD untuk mencapai kemajuan daerah," pungkasnya.

Daerah lain yang memperoleh Pemkab Kulon Progo, Pemkab Pasaman, Pemkot Probolinggo. Usai menerima penghargaan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja sama seluruh aparatur Pemerintah Kota Semarang dan stakeholder dalam membangun Kota Semarang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi bareng-bareng nyengkuyung program pembangunan sehingga semuanya berjalan lancar dan berbagai permasalahan yang muncul dapat diatasi dengan baik.

Pemerintah Kota Semarang akan terus berupaya meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, sehingga Kota Semarang akan lebih maju dan sejahtera, pungkas Walikota. Daerah yang mendapatkan penghargaan berprestasi kinterja terbaik tahun ini antara lain Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Berat, sedangkan untuk kota antara lain Surabaya , Balikpapan, Surakarta dan Malang.