• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Dewan Dorong Persiapan Tempat Wisata Menghadapi Lebaran

 16-05-2016 08:38 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 326 kali Berita Kota
Komisi B DPRD Kota Semarang meminta kepada pengelola pariwisata di Kota Semarang agar dapat memanfaatkan momentum Lebaran 2016 untuk menggaet wisatawan datang ke Semarang. Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Umi Surotuddiniya mengatakan, ada beberapa tempat wisata di Kota Semarang yang bisa ditingkatkan potensinya untuk menampung wisatawan saat Lebaran 2016, yang jatuh pada bulan Juli mendatang. Di antaranya Taman Satwa Kota Semarang (Bonbin) di Mangkang, Waduk Jatibarang, Goa Kreo, Kota Lama Semarang, dan beberapa objek wisata lain. 
Lebih khusus, dirinya juga akan mendorong pengelola Taman Satwa Kota Semarang (Bonbin) di Mangkang untuk meningkatkan pelayanan jelang Lebaran.
 
''Apalagi dengan kehadiran primadona koleksi taman satwa yakni harimau yang telah melahirkan dua anak, bisa menjadi penambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sana,'' katanya.
 
Politikus PAN ini menambahkan, dengan persiapan jauh sebelum Lebaran maka banyak hal yang bisa dimaksimalkan dalam persiapan. Terutama mengantisipasi membludaknya pengunjung. Untuk itu diharapkan, objek wisata Kebun Binatang di Kota Semarang ini akan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
"Greget persiapan-persiapan agar bisa dicicil mulai sekarang. Sehingga saat Lebaran, pengelola sudah siap menyambut pengunjung saat libur Lebaran mendatang," tegasnya.
Sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan pengelola antara lain penataan lahan parkir yang nyaman bagi pengunjung, koleksi hewan dan warung-warung yang tidak semrawut. Jika bisa diselesaikan semua, diharapkan pengunjung pada Lebaran nanti mendapatkan kenangan usai berekreasi di Taman Satwa Kota Semarang.
Koleksi yang menjadi primadona, tambah Umi Surotuddiniya, juga perlu ditambah. Saat ini diakuinya masi terbatas, di antaranya harimau, gajah, buaya, orang utan, burung pelikan, burung elang, dan berbagai macam hewan jenis unggas dan reptil yang masing-masing memiliki daya tarik.
 
"Kami menilai bahwa momentum Lebaran objek wisata bakal menjadi jujugan bagi wisatawan untuk berlibur dan bersantai bagi anak-anak, remaja dan orang tua bersama keluarganya," tambah politisi asal Gajahmungkur ini.
Di Kota Semarang, objek wisata di Kota Semarang yang kerap menjadi jujugan wisatawan di antaranya Bonbin Mangkang, Waduk Jatibarang, Goa Kreo, Kota Lama Semarang, dan beberapa tempat lain.
Di sisi lain, Umi Surotuddiniya juga berharap agar keselamatan pengunjung diperhatikan sehingga pada saat Lebaran, pengunjung yang begitu melimpah juga mendapatkan jaminan keselamatan.