• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

HKG ke-44, Dawis Ujung Tombak Gerakan PKK

 19-05-2016 14:30 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 704 kali Berita Kota
Kamis (19/5) Pemerintah Kota Semarang  bersama TP PKK menyelenggarakan peringatan hari kesatuan gerak (HKG) ke 44 PKK Tahun 2016 di Ruang Loka Krida Gedung Moch Ichsan Lt.8 Semarang. Acara tersebut dihadiri Sekda Kota Senarang Drs. Adi Trihananto, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Ny. Tia Hendrar Prihadi, Kepala SKPD, Camat, Pengurus dan Anggota PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan, Gabungan Organisasi Wanita Kota Semarang.
Dengan mengusung tema Dengan HKG Ke 44 Tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerakan Pkk Melalui Penguatan Dasawisma acara tersebut bertujuan untuk memelihara semangat pengabdian dan meningkatkan peran aktifnya guna mewujudkan tujuan yaitu keluarga, masyarakat yang sejahtera, mandiri, dan sehat.
Selain itu melalui kegiatan tersebut dapat dijadikan motivasi dan penghargaan kepada kader PKK dan warga masyarakat yang aktif untuk mewujudkan gerakan PKK. Dengan peringatan HKG PKK ini juga diharapkan segenap jajaran TIM penggerak PKK secara berjenjang harus mampu membuktikan kinejanya dengan berupaya keras untuk memperkuat peran kelompok Dasawisma yang merupakan ujung timbak gerakan PKK.
Hal yang sama disampaikan oleh Sekda Kota Semarang Adi Trihananto yang hadir mewakili Walikota, bahwa melalui peringatan HKG ke-44 ini bisa semakin memacu semangat dan komitmen Ibu-ibu PKK dan organisasi wanita lainnya di Kota Semarang untuk berperan aktif khususnya di dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga sebagai salah satu modal membangun Kota Semarang menjadi semakin hebat.
“Saya menginginkan dasawisma bukan sekedar kumpulan ibu-ibu, namun ada sebuah gagasan positif yang dilahirkan di setiap pertemuan dan aksi nyata di dalam ikut menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, khususnya di Kota Semarang seperti Angka Kematian Ibu dan Anak yang masih relatif tinggi, angka kejadian DBD, kasus HIV/AIDS serta yang sedang marak terjadi, kasus kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak,” ujar Sekda.
Pihaknya berharap HKG PKK ke-44 ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran PKK Kota Semarang untuk menguatkan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok Dasawisma dan menjadikan Dasawisma sebagai wadah pencegahan dan penanganan dini tindak kekerasan terhadap anak dan kaum perempuan.
Sementara Ketua TP PKK Tia Hendrar Prihadi memaparkan bahwa setiap memperingati HKG hendaknya kita dapat melakukan evaluasi, penilaian diri, serta merumuskan strategi dan langkah-langkah tindak lanjut dalam bentuk rencana kerja Tim Penggerak PKK. “Saya berharap siklus manajemen ini dapat dilakukan secara simultan, berkesinambungan, dan terus menerus,” ujarnya.
Menurutnya keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi atau lembaga terkait  selaku Pembina Tim penggerak PKK.
Pemotongan Tumpeng oleh Ny, Tia Hendrar Prihadi diserahkan kepada anggota PKK termuda. Pada kesempatan dilaksanakan serangkaian kegiatan dalam peringatan HKG diantaranya pemilihan kader teladan Kelompok PKK, lomba kreasi menghias ilahan mie mewah, lomba stand up comedy, kuis spontan tentang gerakan PKK serta penyerahan hadiah.