• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

JADI PEJABAT JANGAN '' SETENGAH KOPLING''

 22-05-2016 18:37 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 404 kali Berita Kota
Bertempat di Lobby Walikota 71 pejabat SKPD dan Pimpinan BUMD di lingkungan Pemkot Semarang (20/50) menyatakan komitmen bersama Program Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Program One Data Indonesia. Komitmen tersebut dilakukan dalam bentuk penandatangan MoU didepan Walikota, dan Sekda Kota Semarang. Mereka berkomitmen untuk memberikan jaminan kepastian penyelesaian pengaduan masyarakat yang tertuang dalam 4 hal sebagai berikut: mendukung penuh terhadap penerapan inisiatif LAPOR! Dan One Data Indonesia, menjalankan standar pengelolaan pengaduan dan memberikan tindak lanjut secara aktif dan responsif, bersedia terhubung dengan Inisiatif One Data Indonesia dan melakukan pembenahan tata kelola data di Internal SKPD serta apabila melanggar komitmen bersama ini maka bersedia menerima konsekuensi sesuai peraturan yang berlaku. Walikota Hendrar Prihadi dalam sambutan menyampaikan agar setelah melakukan penandatangan komitmen bersama ini hendaklahnya pimpinan SKPD lakukan dengan penuh tanggung jawab. “Jangan pernah punya pemikiran untuk menjawan pengaduan masyarakat terutama dengan status No Comment” pintanya. Namun hendaklah di jawab dengan cepat, tuntas, dan lengkap. Dirinya tidak menghendaki pejabat pemkot istilahnya " setengah kopling " selalu menjawab siap...siap... ketika ada masalah namun tidak segera beraksi mengatasi masalah , tetapi cuma diam diri, diingatkan oleh Hendi bahwa semua aduan masyarakat Semarang sekarang dipantau langsung oleh Kantor Staf Presiden, sehingga dapat diketahui sejauh mana kecepatan pejabat pemkot merespon pengaduan masyarakat, dan ini tentu akan mempengaruhi penilaian kinerjanya sebagai pejabat struktural baik eselon II maupun III. Inisiatif LAPOR dan One Data Indonesia merupakan salah satu bentuk pelayanan masyarakat efisien, dan efektif. Karena warga cukup menuliskan keluhan/ pertanyaannya otomatis akan diteruskan langsung ke SKPD yang bersangkutan. Setelah itu dalam maksimal 10 hari kerja, warga akan mendapatkan jawaban. Adapun kini portal pengaduan masyarakat yang telah dimiliki Pemkot Semarang ada dua yakni lapor.go.id dan laporhendi.sorot.id. Yang mana kedua-kedua telah terintegrasi dengan Kantor Staf Kepresidenan. Sehingga dari sistem inilah bisa dipantau dari pusat apa aja permasalahan yang dikeluhkan oleh warga, berapa banyak yang bisa diselesaikan oleh SKPD terkait, dll. Sistem ini telah digunakan Pemkot awal Mei kemarin dan dapat diakses oleh warga masyarakat umum dengan cara cukup log ini ke salah satu alamat tersebut kemudian daftar demail/ FB/ twiteer ke home page lapor.go.id atau home page laporhendi.sorot.id. Jawaban pertanyaan/ aduan/ keluan dapat di terima maksimal 10 hari kerja.