• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kelurahan Gisikdrono Maju 6 Besar Tingkat Provinsi

 02-06-2016 09:04 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 413 kali Berita Kota
Berhasil menang dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota, Kelurahan Gisikdrono kini mewakili Kota Semarang dalam Lomba Kelurahan Jawa Tengah. Kelurahan Gisikdrono berhasil masuk dalam 6 besar kelurahan terbaik tingkat provinsi. Karenanya, Rabu(1/6) dilakukan penilaian lapangan oleh tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi yang diketuai oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Tavip Supriyanto, M. Si. Tim diterima oleh Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto dengan bertempat di Kelurahan Gisikdrono.
Sebelumnya, sejumlah tahapan telah dilalui mulai dari seleksi di tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten/Kota hingga penilaian administrasi dan verifikasi data lapangan. Penilaian ini menetapkan  6 (enam) desa dan 6 (enam) kelurahan sebagai  nominasi, termasuk salah satunya Kelurahan Gisikdrono. Tiga bidang yang dievaluasi diantaranya bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.
Menurut Tavip Supriyanto, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Kelurahan Gisikdrono sebagai salah satu nominasi dalam 6 besar kelurahan terbaik se-Jawa Tengah ini. Kedatangan tim penilai saat ini, lanjutnya, akan difokuskan pada penilaian RPJMKel, RKPKel dan dokumen perencanaan kelurahan, profil kelurahan sesuai Permendagri Nomor 12 Tahun 2007, serta peningkatan perkembangan instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan selama 2 tahun berturut-turut yakni tahun 2014 dan 2015. 
“Metode yang digunakan dalam klarifikasi lapangan ini adalah wawancara, survey, penilaian administrasi dan implementasi pelaksanaan di lapangan,” ungkap Tavip. Untuk itu, pihaknya berharap agar setiap kelurahan dapat menginformasikan berbagai data dan keterangan selengkap – lengkapnya kepada tim penilai.
Diterangkannya, tahapan seleksi selanjutnya adalah pemeringkatan juara I, II, III, harapan I, harapan II dan harapan III tingkat Provinsi Jawa Tengah. Juara I dan II akan mewakili Perlombaan Desa dan Kelurahan di Tingkat Regional II yakni wilayah Jawa dan Bali yang akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2016. Selanjutnya, pemenang akan menjadi duta dan mengikuti acara kenegaraan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di Jakarta serta acara kenegaraan lainnya.
Sementara, Sekda Kota Semarang mewakili Walikota menyampaikan kebanggaan pemerintah dan masyarakat Kota Semarang yang setiap tahunnya berhasil memasukkan salah satu kelurahan sebagai nominator dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, Kota Semarang pernah mengirimkan Kelurahan Gayamsari, Kelurahan Palebon, Kelurahan Kedungmundu, Kelurahan Banyumanik, Kelurahan Pandean Lamper dan Alhamdulillah predikat juara pun juga pernah diraih.
“Tahun ini kita kembali mengirimkan Kelurahan Gisikdrono. Hal ini menunjukkan adanya komitmen, kesungguhan dan keseriusan pemerintah bersama warga masyarakat Kota Semarang dalam mendukung penyelenggaraan lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Adi Tri Hananto.
Diakuinya, lomba ini mampu memberikan suntikan motivasi bagi setiap kelurahan untuk mengangkat, memberdayakan serta meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan bidang kesejahteraan keluarga yang merupakan indikator penilaian dalam lomba ini.  
Terakhir, dirinya berpesan khusus kepada seluruh jajaran masyarakat Kelurahan Gisikdrono untuk dapat memanfaatkan keikut sertaan dalam lomba ini sebaik mungkin guna mengangkat nama Kota Semarang. Dirinya berharap adanya kreatifitas dan inovasi masyarakat khususnya Kelurahan Gisikdrono dalam menyajikan bahan observasi maupun penilaian sehingga dapat memberikan nilai tambah.
Meski demikian, dirinya meyakinkan apapun hasil yang nantinya diperoleh, akan dijadikan sebagai bahan referensi guna melaksanakan program-program pembangunan yang lebih baik di masa yang akan datang.