• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

HENDI KOMIT BIAYAI SEPENUHNYA REVITALISASI PASAR JOHAR

 16-09-2016 11:57 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 485 kali Berita Kota
Semarang – Pemerintah Kota Semarang betul-betul serius dalam pembenahan Pasar Johar setelah terjadi kebakaran beberapa waktu lalu. Pasar tradisonal terbesar se Asia Tenggara tersebut sangat  membutuhkan penanganan yang khusus dan cepat terutama pada proses pembangunan dan penataan kembali  pasca kebakaran. Untuk itu Pemkot Semarang melalui Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Semarang mengadakan kegiatan yang bertajuk “DED Revitalisasi Pasar Johar, Bangunan Konservasi Dan Non Konservasi yang bertempat di Borobudur Meeting Hotel Santika Premiere Kota Semarang (15/09). Acara Forum Group Discussion tahap 1 tersebut dibuka langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi. Hadir dalam acara tersebut adalah dari Dewan Pertimbangan Dan Pembangunan Kota Semarang (DP2K), Badan Pengelola Kawasan Kota Lama Kota Semarang (BPK2L), Tim Ahli Cagar Budaya Kota Semarang (TACB). Selain itu turut pula hadir perwakilan akademisi, perwakilan dari LSM, perwakilan pedagang Pasar johar serta perwakilan dari lembaga terkait. Dua  narasumber dihadirkan dalam acara tersebut, pertama, Budie Lim yaitu Arsitek Nasional dan cagar Budaya. Kedua, Prof. Ir. Totok Roesmanto, M.Eng yang merupakan Akademisi dan Praktisi Cagar Budaya. Sementara sebagai moderator adalah Ir.M.Farchan,MT.


Dalam laporannya, Plh. Ka. Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Semarang yang selaku ketua panitia Mohamad Irwansyah mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari acara forum tersebut adalah dapat memperoleh masaukan dari informasi yang bersifat lokal dan spesifik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota, praktisi, akademisi pemerhati Kota Semarang serta stakeholder terkait agar perencanaan Pasar Johar bisa tersusun secara optimal dan direalisasikan fisiknya mulai tahun 2017 secara bertahap.


Irwansyah berharap dengan perencanaan dan pelaksanaan fisik yang baik, Pasar Johar dan kawasannya akan menjadi ikon Kota Semarang dan kebanggaan warga masyarakat Kota Semarang.


Sementara, Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengatakan akan komitmen nya dalam revitalisasi pembangunan Pasar Johar yang terkena kebakaran beberpa waktu lalu.
“Semua harus bangkit, dan Pemkot Semarang berkomitmen bahwa revitalisasi Pasar Johar harus dibiayai sepenuhnya olah pemerintah. Perbanyak pembinaan, agar pedagang tradisional ini menjadi lebh baik. Saya berharap DED tidak asal-asalan, jgn hanya proyek saja tp mohon dicermati dengan baik oleh pemerhati karena Pasar Johar merupakan bangunan cagar budaya. Mohon masukannya agar 7000 pedagang dengan luas lahan sekitar 5 hektar yang ada bangunan cagar budaya nya dapat bisa ditata  ulang kembali agar dalam berjualan bisa nyaman dan rapi. Untuk yang nanti membangun harus memperhatikan konsep konservasi agar tepat, bermanfaat serta tepat sasaran agar manfaatnya sampai masyarakat. Mari bersama sama tuntaskan Pasar Johar.” Imbuhnya.


Target Hendi sapaan akrab walikota Semarang adalah mempercepat pembangunan revitalisasi Pasar Johar dalam dua tahun kedepan agar 7000 pedagang dapat tertampung dengan rapi dengan mempertahankan cagar budaya.