• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PMI Beri Penghargaan kepada 250 Pendonor

 19-09-2016 09:50 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 517 kali Berita Kota
Sabtu (17/9) Palang Merah Indonesia memberikan penghargaan kepada 250 orang Donor Darah Sukarela (DSS) ke 25 kali tahun 2016 di Aula UTD PMI Kota Semarang Jl. Mgr. Sugiyopranoto 31 Semarang.
Ketua PMI Kota Semarang Saman Kadarisman menyebutkan bahwa apa yang telah dilakukan para pendonor merupakan bentuk keiklasan tanpa memperhitungkan darah untuk siapa.
“Ini yang luar biasa. Saya atas nama palang merah Indonesia mengucapkan terima kasih dan berharap bapak ibu dapat berdonor dara sebanyak 100x. Artinya bapak ibu semua sehat sampai usia 60 tahun karena dapat berdonor hingga 100 x,” ujarnya.
Saat ini darah masih diperlukan oleh PMI begitu pula para penderita penyakit. “Sampai kemajuan apapun tidak akan ada pabrik yang dapat memproduksi darah sintetis. Darah harus diproduksi oleh manusia,” ujarnya.
Saat ini karena pengabdian para relawan sepenuh hati beserta masyarakat luas PMI semakin tumbuh secara luar biasa. Sebelum tahun 2009 stok darah tidak mencukupi, di tahun 2009 stok darah hampir mencukupi, sampai di tahun 2014 seluruh kebutuhan RS telah tercukupi.
Selain itu, Saman menambahkan bahwa kita wajib bangga karena donor darah agi anak muda sudah menjadi gaya hidup mereka. Mereka akan malu jika tidak mendonorkan darahnya. “Selain itu ada juga calon mertua yang agak ekstrim, tidak boleh menikah kalo tidak donorkan darahnya. Yang artinya calon menantu itu tidak mengidap penyakit berbahaya seperti sipilis dll,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu Walikota di dampingi ketua PMI Kota Semarang memberi penghargan berupa penyematan pin dan penyerahan piagam kepada 250 pendonor secara simbolis.
Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat dimintai sambutan, ia menyebutkan bahwa pihaknya sangat bangga dan memberi apresiasi kepada keluarga besar PMI. Disini ia mengaku senang karena dapat bertemu dengan orang-orang luar biasa  yang telah mendonorkan darahnya untuk orang lain.
“Dengan mendonorkan darah kebaikan bapak ibu tentu akan dicatat oleh Allah dan akan menjadi kebaikan untuk panjenengan sekalian,” tambahnya.
Selain itu, kalau kita bisa berdonor, sudah pasti kondisi badan kita sehat karena itu yang menjadi persyaratan dalam berdonor. Ia mengingatkan bahwa  jika semangat ini terus dipelihara, maka Kota Semarang akan tumbuh bergerak dan menyaingi kota-kota lain.
Di usia ke 71 tahun bagi PMI ini, jika manusia semakin berumur akan semakin renta, beda halnya dengan organisasi, semakin usia bertambah maka organisasi tersebut akan semakin matang. Maka dari itu pihaknya berharap, kedepan PMI akan semakin tumbuh, berkembang, dan semakin bermanfaat bagi masyarakat luas.