• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Semarang Kini Memiliki Rumah Singgah Untuk Anak Penderita Kanker

 27-09-2016 07:31 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 402 kali Berita Kota
Senin (26/09) Walikota Semarang berkesempatan meresmikan rumah singgah bagi anak- anak  penderita kanker, yang berasal dari keluarga prasejahtera. Pemanfaatan rumah singgah yang dikelola Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). 

Rumah singgah yang beralamat di Jalan Kedungjati Nomor 6 Kota Semarang ini diwujudkan dengan konsep green house dan ramah bagi anak- anak. Sehingga dapat menghadirkan suasana dan kehidupan yang sehat dan gembira yang sangat dibutuhkan bagi kesembuhan anak- anak penderita kanker. Rumah singgah untuk penderita rawat jalan ini merupakan yang ketiga di Indonesia, setelah Makassar dan Pekanbaru. Rumah itu membantu pasien maupun keluarga pasien untuk berobat ke rumah sakit besar.

Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Ira Soelistyo mengatakan, rumah singgah didirikan dengan fokus utama membantu memberikan perawatan pada anak-anak penderita kanker. Anak yang mengalami penyakit dirawat, dididik, serta diberi tempat untuk tinggal sementara. Anak juga diberi pendidikan sekolah sekaligus bermain di rumah tersebut.

"Kami berikan secara komprehensif, meski kena musibah tetapi tetap diberi hak belajar dan bermain. Sejak dibuka tiga bulan lalu, setidaknya sudah ada 10 anak penderita kanker beserta keluarganya yang tinggal di sini. Mereka datang dari berbagai daerah untuk terapi di RSUP dr Kariadi Semarang," kata Ira di sela peresmian rumah singgah tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang meresmikan rumah singgah itu bersyukur atas kepedulian yang ditunjukkan pelaku usaha dalam membantu pemerintah membangun fasilitas publik. Kepedulian dari Alfamart tersebut memberikan manfaat bagi banyak pihak sehingga patut diapresiasi dan diteladani karena bisa memotivasi anak-anak penderita kanker itu untuk tetap semangat melawan penyakit.

"Saya percaya anak-anak ini adalah anak-anak yang tangguh. Semoga, ke depan mereka bisa menjadi pribadi yang hebat dan bisa menginspirasi banyak orang," kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.