• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Pohon Tumbang ; Walikota Meminta Warga Untuk Waspada

 11-10-2016 09:21 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 424 kali Berita Kota
Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Budi Prakoso mengatakan ada tiga titik pohon tumbang yakni Jalan S Parman, Jalan Dr Soetomo, dan Jalan Kompol Maksum pada hari senin (10/10).

Salah satunya berada di jalan dr Soetomo mengakibatkan seorang pengendara motor meninggal di lokasi. Pohon-pohon tersebut sempat mengganggu lalu lintas, namun dengan cepat pohon tersebut dipotong-potong oleh petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang.

Polisi dari Satlantas Polrestabes Semarang juga berada di lokasi untuk mengatur kendaraan yang melintas Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengimbau warga agar waspada jika di dekat pohon, karena cuaca yang sering hujan disertai angin. Hendi mengatakan Pemkot sudah membuat Peraturan Daerah Pengelolaan Pohon yang bisa mengidentifikasi pohon. Pemerintah Kota Semarang juga sudah melakukan penebangan dahan-dahan pohon secara rutin.

"Selama ini pemeliharaan pohon yang dilakukan baru sebatas screening secara visual. Melalui Perda tersebut identifikasi pohon akan memakai sistem informasi dan pengkodean," kata Hendi, Senin (10/10). Perda tersebut juga mengarah kepada asuransi pohon. Asuransi tersebut memang disiapkan untuk mengganti kerugian akibat pohon tumbang seperti yang terjadi di Jalan dr. Soetomo.

"Selain itu asuransi pohon disiapkan agar segala kerugian yang diakibatkan oleh pohon tumbang akan dilakukan ganti rugi dengan asuransi tersebut," terangnya. Meski langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan pihak Pemkot Semarang, Wali Kota tetap mengimbau warganya agar berhati-hati karena musibah bisa terjadi kapan saja
.