• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

“WAKIL WALI KOTA : UMKM HARUS PERCAYA DIRI”

 13-10-2016 15:06 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 555 kali Berita Kota
Semarang - Dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Kota Semarang, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang bekerjasama dengan Idomaret mengadakan seminar sehari bertajuk “Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Inovasi dan Kreatifitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016”,

Kamis (13/10) di Gedung Balaikota Semarang. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu dan dihadiri sebanyak 100 (seratus) peserta yang merupakan mitra binaan Dinkop & UMKM Kota Semarang dan 50 (lima puluh) peserta yang merupakan mitra binaan Indomaret. Narasumber yang dihadirkan dalam seminar tersebut adalah Dr. Mutamimah, Msi  dari Fakultas Ekonomi Unissula Semarang, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Perwakilan dari Indomaret Budi Raharja, Perwakilan dari Bank Rakyat Indonesia Agus Rohmadi dan Succest Story Tony Purwanto.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Litani Satyawati mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jaringan kemitraan dengan Indomaret dan untuk meningkatkan pengetahuan UMKM tentang manajemen, kesehatan pangan dan pemasaran. 

Sementara itu Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu dalam sambutannya mengatakan bahwa Kota Semarang sudah sangat siap mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Karena Kota Semarang salah satu kota yang sudah mengusung “smart city”. Tetapi Wakil Wali Kota Semarang juga menyinggung mengenai sumber daya manusia (SDM) sendiri dalam mengadapi MEA tersebut.

“Semua itu tergantung dari sumber daya manusianya, kalau SDM nya tidak siap dan tidak bisa itu mengahdapi MEA itu sama saja. Karena yang melakukan implementasi ini adalah dari diri kita sendiri.” Ujarnya. Dihadapan peserta yang hadir terlihat Mbak Ita sapaan akrab Wakil Wali Kota Semarang tampak menyemangati dan memberi motivasi kepada para pelaku UMKM yang hadir.

“panjenengan semua tidak usah takut barangnya tidak laku, karena kami dalam waktu dekat ini akan melaunching E-Comers. Pasti selama ini panjenengan pusing bila membuat barang, karena bingung mengenai penjualannya. Dan disini Indomaret sudah menyediakan tempat untuk barang-barang UMKM. Selain itu Pemkot Semarang  selalu siap dalam pemberdayaan UMKM, kami akan membuat galeri UMKM di kawasan kota lama dan kami akan menggandeng Indomaret dan pihak perbankan.” Katanya.

Wakil Wali Kota Semarang juga berpesan kepada peserta seminar untuk percaya diri dalam mengadapi MEA. “sekali lagi, MEA bukan untuk ditakuti, namun kita hadapi dan jalani. Kita harus jadi orang yang percaya diri untuk menghadapi masa depan yang lebih cerah, sehingga menjadikan Kota Semarang lebih hebat.” Imbuhnya.