• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

JICA dan Pemerintah Kobe, Japan Lirik Sektor Pertanian Kota Semarang

 15-10-2016 15:29 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 536 kali Berita Kota
Pemerintah Kota Semarang atas nama masyarakat Kota Semarang mengucapkan Selamat Datang kepada tamu dari JICA dan Pemerintah Kobe , Japan di Ruang VIP Walikota Semarang pada Jumat, (14/10 ). Rombangan tersebut diterima oleh Asisten Administrasi Informasi dan Kerjasama Setda Kota Semarang Tommy Yarmawan Said.
Forum silahturahmi ini akan memberikan gambaran dan informasi pembangunan yang bisa dibagi dan sebagai bahan masukan untuk masing – masing daerah sebagai peningkatan program pembangunan.

Tingkat aktivitas perekonomian perdagangan dan jasa di Kota Semarang merupakan kota yang kaya raya yang kesemuanya hidup berdampingan dengan rukun dan saling menghormati. Selama lima tahun ke depan visi yang ingin Pemerintah Kota Semarang capai adalah “Semarang Kota Perdangangan dan Jasa yang Hebat Menuju Masyarakat Semakin Sejahtera”. Jika berbicara mengenai sektor pertanian, dapat diketahui bahwa lahan pertanian yang ada di Kota Semarang memang tidak seluas lahan pertanian  yang dimiliki Kota/ Kabupaten lain.

Dengan keterbatasan lahan Kota Semarang mampu mengoptimalkan potensi yang ada dengan menghasikan produk-produk unggulan seperti durian Kholil, Kelengkeng dan jambu Kristal. Tim JICA dan Pemerintah daerah Kobe Japan melakukan kunjungan  di Kota Semarang. Adapun kunjungan pertama di outlet Dinas Pertanian  pada kesempatan ini Dinas Pertanian juga baru membuka outlet yang isinya berbagai macam olahan dari petani yang dibina langsung oleh  Dinas Pertanian dan outlet tersebut dibuka juga oleh Pemerintah Kobe.

Pemerintah Kobe beserta rombongan juga mencicipi berbagai produk olahan yang berada dioutlet tersebut. Mulai dari krupuk tulang sapi, botok telur asin, permen susu kambing, yogurt susu kambing, telur asap dan produk olahan lainnya. Setelah itu bergeser ke kampung jamu mijen, disitu selain jual ramuan jamu, distu pengunjung bisa langsung mempraktekkan cara bikin jamu.  Dan kunjungan dilanjutkan ke Pasar Tani Cepoko GunungPati, pada kesempatan ini Kepala dinas Pertanian Kota semarang beserta Ibu Ketua Dharma Wanita Kota Semarang melaunching Pasar Tani yang dimana pasar Tani tersebut berisi  Stand Unggulan Pertanian Kota Semarang.

‘’Menjadi kota pariwisata melalui produk hasil pertanian ini merupakan harapan Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Wahyu Permata Rusdiana dalam sambutannya. Sektor pertanian merupakan salah satu tulang punggung pembangunan perkonomian nasional, selain mampu menyerap tenaga kerja juga berperan dalam penyediaan pangan, pengentasan kemiskinan serta perbaikan pendapatan masyarakat", pungkasnya.