• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PDAM akan Bangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Waduk Jatibarang

 19-10-2016 08:36 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 643 kali Berita Kota
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang segera memanfaatkan Waduk Jatibarang untuk memasok kebutuhan air bersih bagi para pelanggannya, khususnya di wilayah rawan kekeringan, seperti Trangkil, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, dan Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang.

"Anggarannya dari APBN, ABPD, dan kami sendiri (PDAM Semarang, red.). DED (detail engineering design) sudah jadi," kata Direktur PDAM Tirta Moedal Semarang Etty Laksmiwati di Semarang, Senin. Menurut Etty, pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di Waduk Jatibarang merupakan fokus PDAM Kota Semarang setelah utangnya lunas untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, pihaknya terus berusaha bekerja maksimal untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat. Perluasan bisnis ini sejalan dengan rencana program penambahan saluran dan pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

"Kami menargetkan IPA Waduk Jatibarang sudah bisa beroperasi pada tahun 2018. Saat ini, kami juga sedang menyiapkan pembangunan IPA Jatisari dengan kapasitas air 200 liter/detik, harapan kami tentu untuk meningkatkan pelayanan ke berbagai daerah seperti Gunungpati, Semarang Barat, dan sekitarnya. katanya Keseluruhan investasi untuk IPA Waduk Jatibarang menelan anggaran sekitar Rp 1 triliun.

Dana pembangunan diperoleh dari APBN, APBD Kota Semarang, dan PDAM. Tahun ini Detail Enginering Design (DED) sudah selesai selanjutnya tahun depan akan dimulai pembangunan fisik instalasi Pengolahan Air (IPA) Waduk Jatibarang. dan pada tahun 2018 diharapkan IPA Waduk Jatibarang sudah dapat beroperasi melayani pelanngan di Kota Semarang.