• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berita Kota

PPIDĀ  Genjot Pelayanan Informasi Melalui Internet

 25-10-2016 07:13 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 99 kali Berita Kota
Semakin populernya pemanfaatan dunia digital belakangan ini membuat kita mau tidak mau ikut menyesuaikan perkembangan yang terjadi apapun kepentingannya. Begitu pula dengan pelayanan informasi dan dokumentasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Semarang kepada masyarakat sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Melalui acara Forum Koordinasi PPID Senin (24/10) yang diselenggarakan oleh Bagian Humas Setda Kota Semarang diangkat tema “Optimalisasi Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Melalui website ppid.semarangkota.go.id”. yang diikuti oleh 67 kontributor dari seluruh SKPD dan Perusahaan Daerah Pemerintah Kota Semarang. Pada kesempatan tersebut para kontributor belajar unntuk memanfaatkan website yang dimiliki Pemkot Semarang untuk dapat dimaksimalkan penggunannya dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat antara lain dengan mengumumkan informasi melalui website dan memberikan jawaban permohonan informasi secara online.

Kabag Humas Setda Kota Semarang Achyani menyebutkan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk menguatkan tupoksi PPID yang berada di instansi Pemkot untuk bersama-sama melaksanakan keterbukaan informasi publik serta sebagai ajang sharing bertukar pengalaman antar peserta dalam menjalankan pelayanan informasi dan dokumentasi di instansinya masing-masing.

Achyani menyebutkan bahwa saat ini eranya keterbukaan dan media sosial juga semakin beragam sehingga memudahkan masyarakat untuk menyampaikan kritik, masukan, pendapat, dan meminta informasi melalui media digital.

“acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis khususnya kepada kontributor PPID tentang penyampaian informasi dan dokumentasi melalui website sebagai bagian dari pelayanan PPID yang dinamis sesuai dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Asdani Kindarto salah satu narasumber dari National Taiwan University of Science and Technology ROC Taiwan bahwa di era dunia digital sekarang maka sektor publik harus mampu menempatkan informasi dan teknologi sebagai sebuah alat, salah satunya untuk mewujudkan smart city.

Website PPID sebagai etalase lembaga pemerintah harus mampu membaca kebutuhan masyarakat akan informasi, maka pelayanan informasi yang harus berubah secara online karena dengan demikian maka informasi dapat selalu tersedia dan respon yang diberikan juga semakin cepat sehingga citra lembaga akan semakin naik. Sementara Koordinator bidang penyelesaian sengketa informasi Publik Zainal Abidin petir menegaskan apabila amanat undang-undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008 diimplementasikan dengan baik Korupsi akan mustahil dilakukan.

“Baik dari perencanaan hingga perencanaan karena semuanya transparan, yang terpenting adalah komitmen seluruh kepala SKPD untuk terbuka” pungkasnya.