• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berita Kota

Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan, Pemkot Bersinergi Dengan BUMN 

 26-10-2016 10:23 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 55 kali Berita Kota
Jumlah warga miskin Kota Semarang yang saat ini tercatat ada sekitar 5,6 persen dari total penduduk masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemerintah Kota Semarang untuk mengentaskannya. Sehingga salah satu cara, selain bersinergi dengan stake holder seperti pihak BUMN untuk membantu warga miskin dengan bantuan CSR, juga  dengan menciptakan kampung tematik. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang Ayu Enthis, saat mewakili Walikota Semarang menghadiri acara program pengentasan kemiskinan, pemberian bantuan pendidikan beasiswa kepada siswa kota Semarang bertempat di Kantor PT PLN (Persero) Pusat Manajemen Konstruksi (Pusmankon) di Semarang, Selasa (25/10).

Ayu menambahkan, bantuan diberikan tujuan agar mereka merasa terlindungi secara nyata, PLN salah satu perusahaan negara bisa membantu masyarakat yang masih membutuhkan, bantuan diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Jika ada kegiatan bazaar, pelatihan dan lainnya dari perusahaan, pihaknya siap untuk berkoordinasi dengan pihak yang akan membantu tersebut supaya tepat sasaran.  

“Pengentasan kemiskinan bukan tugas pemerintah saja, PLN turun, Swasta turun, Perbankan juga turun, sehingga cepat terselesaikan,”ujarnya. Dijelaskannya, tim penanggulangan kemiskinan kota semarang telah melakukan beberapa kegiatan misalnya, bantuan modal, pelatihan, tempat berjualan, pendampingan untuk mendapatkan ijin usaha rumah tangga, serta pelatihan-pelatihan untuk tenaga pabrik di dinas tenaga kerja. Tak hanya itu,  pemkot saat ini sedang mengemas sinergitas untuk kegiatan membuat satu kampung dibuatkan satu program, yakni kampung tematik, satu kampung ada tema kampung batik, mangrove dan bandeng.

"Diharapkan ini bisa menggerakkan  roda perekonomian agar bergeliat di masyarakat,"katanya Sementara itu, Manager Keuangan SDM dan Administrasi PT PLN Persero Pusat Manajemen Konstruksi (Pusmankon)  Hidmad Erhansyah mengatakan, pada hari listrik nasional ke 71kali ini pihaknya menyalurkan CSR beasiswa kepada sekitar 36 siswa dan untuk para pedagang  dibantu gerobak sebanyak 37 buah. Diharapkan, kegiatan ini bisa membantu program pengentasan kemiskinan kota Semarang. “Adapun jumlah bantuan CSR untuk beasiswa sebesar Rp 30 juta,”pungkasnya.