• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berita Kota

45 PNS Ikuti Tes Mutasi di Pemerintah Kota Semarang

 26-10-2016 14:54 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 106 kali Berita Kota
Pemerintah Kota ( Pemkot )  Semarang  melalui Badan Kepegawaian Daerah ( BKD )  tahun 2016 menerima permohonan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dari Pemerintah Kabupaten / Kota, Provinsi maupun Kementrian / Lembaga Negara untuk dapat mutasi tugas dengan alasan yang disampaikan. 

Tes mutasi dilakukan pada Rabu, ( 26/10 ) bertempat di Ruang Komisi A - B Gedung Moch. Ikhsan Semarang . Tes mutasi ini bertujuan untuk  mendapatkan SDM yang benar – benar berkualitas untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan pelayanan pada masyarakat di Kota Semarang. Tes mutasi ini diikuti oleh 45 PNS  yang terdiri dari 21 orang tenaga teknis ( fungsional umum / struktural ), 15 orang  tenaga kesehatan  ( medis dan paramedis ) dan 9 orang tenaga pendidikan (guru SD/TK dan guru SMP )yang lebih sedikit bila dibandingkan pada tahap I yang sudah berlangsung pada tanggal 4 Mei 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 48 PNS.

Dalam laporannya Bambang Sukono Kepala Badan Kepegawaian Kota Semarang melaporkan bahwa  rekomendasi hasil tes mutasi masuk masing – masing PNS yang mengikuti tes berdasarkan  nilai hasil tes yang telah diikuti, serta disesuaikan dengan  formasi kebutuhan pegawai. Hasil tes akan disampaikan melalui prosedur persuratan sesuai dengan jalur yang telah ditempuh oleh masing – masing PNS ( Dapat melalui pejabat pemberi rekomendasi pemindahan PNS ataupun langsung kepada PNS yang bersangkutan). Terima hasil dengan lapang dada apapun hasilnya.

Tes dilaksanakan dalam bentuk Computer Assisted Test ( CAT ) untuk materi Pengetahuan umum dan Kepegawaian, Psikotes, Wawancara dan Tes Kredensial oleh Tim dari RSUD Kota Semarang ( dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigi ). Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Tri Hananto yang mewakili Wali Kota Semarang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkot Semarang  mengimplementasikan Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 

Dengan dasar itu lah maka Pemerintah Kota Semarang dalam menindaklanjuti permohonan mutasi PNS dari Pemerintah Kabupaten / Kota , Provinsi, maupun Kementrian / Lembaga Negara lainnya tidak serta merta langsung diterima, melainkan perlu dilakukan tes mutasi terlebih dahulu. Adi berharap agar para peserta dapat mengikuti tes mutasi ini dengan serius dan sungguh – sungguh, karena jika tidak lulus dalam tes ini, maka tidak dapat mengikuti tes lagi tahun depan.

Dan jangan jadikan tes ini sebagai sebuah beban, justru sebaliknya manfaatkan tes ini untuk membuktikan bahwa  memang layak dan berkompeten untuk mengabdi di Pemkot Semarang, penilaian tes mutasi ini berlangsung secara seobyektif mungkin, tambahnya. Pemerintah Kota Semarang sangat menyambut baik karena tenaga dan pikiran tentunya sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan pelayanan di Kota Semarang. Beri pelayanan terbaik, ramah, cepat, profesional,dan satu hal lagi yang terpenting adalah jangan sekali – kali melakukan pungli. Ketahuan, langsung dicopot alias dipecat.