• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 
  • Segenap Jajaran Pemerintah Kota Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mohon Maaf Lahir & Batin

Berita Kota

Jl. Kartini – Gajah Dinobatkan Jalan Hijau Indonesia 2016

 14-11-2016 21:48 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 238 kali Berita Kota
Penghargaan tingkat nasional kembali diberikan kepada Kota Semarang. Penghargaan Jalan Hijau Indonesia tahun 2016 peringkat Bintang 3 (tiga) diberikan kepada Kota Semarang sebagai apresiasi atas pembangunan jalan tembus Jl. Kartini – Jl. Gajah. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementrian PUPR, Ir. Yusid Toyib, M.Engs, Sc kepada Kepala Dinas Bina Marga, Iswar Aminuddin, MT  pada Minggu (11/11) di Ruang Merak Jakarta Convention Center Jakarta.

Penghargaan ini merupakan apresiasi atas prestasi Kota Semarang dalam bidang infrastruktur jalan. Kota Semarang menjadi satu dari 4 penerima penghargaan serupa yakni Kabupaten Gresik, PT. Trans Marga Jateng dan Kota Bekasi. Malam puncak penyerahan penghargaan juga dimeriahkan dengan talkshow konstruksi Indonesia bertema “Mendorong Peran Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur Bidang PUPR “ dan pameran-pameran konstruksi Indonesia tingkat Internasional.

Pemeringkatan jalan hijau adalah sistem untuk menilai sejauh mana upaya untuk mewujudkan jalan berprinsip berkelanjutan dan voluntary. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung Permen PUPR 05/2015 dan mendorong agar pengerjaan infrastruktur jalan senantiasa memperhatikan kaidah-kaidah berkelanjutan.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh tim penilai Kemen PUPR telah melalui sejumlah tahapan seperti pengecekan dokumentasi administrasi. Tim juga mengecek dokumen life cycle cost/ studi kelayakan/ kajian ekonomi, dokumen izin lingkungan baik amdal/ UKL UPL/ SPPLH/ DPLH/ DEPLH serta gambar terlaksana.    

Pemeringkatan dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelaksana pembangunan jalan, melindungi alam dan kehidupan di sekitar sekaligus sebagai upaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Pelaksanaan pembangunan jalan tembus Jalan Kartini – Jalan Gajah Kota Semarang, oleh tim KemenPUPR dinilai pantas mendapat penghargaan karena menggunakan material lokal, reuse, dan memperhatikan sistem drainase. Selain itu, pembangunan infrastrukur jalan tembus Jl. Kartini – Gajah ini juga mampu meningkatkan keselamatan serta kenyamanan bagi pejalan kaki dan menggunakan prinsip-prinsip berkelanjutan.

Pembangunan Jalan Tembus Kartini – Jalan Gajah ini akan dipaparkan sebagai contoh oleh Kementrian PUPR pada konferensi tingkat internasional. Walikota Semarang menyambut gembira dengan diraihnya penghargaan bintang tiga dari Kemen PUPR. Artinya bahwa apa yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga sudah benar mulai dari sisi perencanaan kajian, perijinan maupun pelaksanaan di lapangan secara profesional.

Dirinya berharap agar capaian yang dilakukan teman-teman Bina Marga bisa menjadi contoh. Lebih lanjut, Walikota juga mengatakan bahwa tahun pertama dirinya berkomitmen membangun infrastruktur infrastruktur dan hal ini didukung penuh oleh Dinas Bina Marga melalui berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur mulai dari peningkatan jalan, pengembangan maupun pembuatan jalan baru. Baginya penghargaan Menteri PUPR ini merupakan bonus yang diharapkan akan meningkatkan kinerja Dinas Bina Marga dalam melayani kebutuhan masyarakat.