• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berita Kota

HUT KORPI IKRARKAN KEBHINEKAAN CINTA DAMAI

 18-11-2016 13:41 WIB    by Admin    Dilihat: 28 kali Berita Kota
Dalam rangka ulang tahun ke-45 KORPRI, panitia peringatan HUT KORPRI Kota Semarang menyelenggarakan apel bersama dilanjutkan dengan senam dan exsibisi futsal pada Jumat(18/11). Bertempat di sepanjang jalan Pemuda, kurang lebih seribu peserta apel dan senam memadati area peringatan. Dibuka Wakil Walikota Semarang, kegiatan ini dihadiri pula dengan jajaran Muspida dan DPRD Kota Semarang.

Pada peringatan HUT ke-25 ini, KORPRI Kota Semarang menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai wujud peran serta dan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya, bhakti sosial meliputi pelayanan kesehatan gratis di 16 kecamatan pada Rabu(23/11) dan bedah rumah. Selain itu, diselenggarakan pula ziarah di Taman Makam Pahlawan usai upacara bendera Selasa(29/11) mendatang.   

Bersamaan dengan peringatan HUT ini, dilaksanakan pula Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai. Prosesi berisi pembacaan ikrar yang diikuti oleh TNI, Polri, PNS, tokoh masyarakat serta perwakilan siswa-siswi Kota Semarang.    Terkait Ikrar Kebhinekaan Cinta Damai, Wakil Walikota dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Kota Semarang telah menjadi salah satu kota icon kebhinkekaan di Indonesia. Kota Semarang, lanjutnya, mempunyai sejarah panjang dalam urusan menjaga keberagaman agar terus tumbuh dan berkembang dengan selaras.

“Salah satu buktinya adalah di Kota ini berdiri tegak dengan selaras rumah-rumah ibadah dari semua agama di Indonesia,” tean Wakil Walikota. Dicontohkannya, Masjid Agung Kauman, Gereja Blenduk, Gereja Gedangan, Pura Agung Giri Natha, Vihara Buddhagaya, Klenteng Tay Kak Sie. Selain itu, sejarah panjang keberagaman yang hidup dengan selaras di Kota Semarang juga dapat terlihat pada kawasan permukiman bersejarah yang terdapat di area Kota Lama Kauman, Kampung Melayu, Pecinan, dan Little Netherland. Dicontohkannya, sebagai upaya menjaga indahnya keberagaman yang hidup dengan selaras Pemerintah berupaya membangun Taman Pandanaran, dan meletakkan sebuah Patung Warak yang merupakan simbol keberagaman Kota Semarang.

“Dan kegiatan Apel Kebhinekaan Cinta Damai pagi ini juga sebagai cara mengingatkan kita semua pentingnya menjaga keberagaman di Indonesia,” lanjut Wakil Walikota. Pelaksanaan apel ini, lanjutnya, diharapkan seluruh warga Kota Semarang tanpa terkecuali dapat ikut mendukung tugas pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia dan Kota Semarang khususnya. Usai apel besar, ikrar, dan senam kegiatan dilanjutkan dengan eksibisi futsal antara Walikota & Muspida dan DPRD Kota Semarang serta Camat dan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kota Semaran (Forwakot). Setelah pertandingan selama 2 x 25 menit, Muspida berhasil unggul dengan angka 7 - 2. Sementara untuk pertandingan antara tim Camat dengan Forwakot dimenangkan tim forwakot dengan skor akhir 6 - 0.