• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

"Pemkot  Tandatangani MoU tentang Inovasi Pelayanan Publik dengan LAN RI"

 21-12-2016 06:50 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 317 kali Berita Kota
Selasa (20/12), Pemkot Semarang menandatangani Memorandum of Understanding dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia  dan Workshop terkait Inovasi Pelayanan Publik dalam Akselerasi Nawa Cita di Griya Tirta Moedal PDAM Semarang. Penandatangan yang dihadiri oleh Dirut PDAM Tirta Moedal, Kepala SKPD, dan Camat di lingkungan Pemkot Semarang tersebut didasari dengan tuntutan pelayanan masyarakat yang semakin lebih baik lagi juga perbaikan internal manajemen pemerintahan yang semakin efektif dan semakin efesien.

Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M.Si mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat berkembang dan bertumbuh semakin cepat maka diharapkan dapat menghadirkan pemerintahan yang lebih responsive, lebih tanggap, lebih pintar dan lebih cerdas.

“Kita bersama masyarakat ingin melakukan proses pembelajaran bagaimana agar semua lini sektor dapat melakukan perubahan. Jadi perubahannya tidak secara parsial, melainkan dapat secara serentak bergerak mengawal perubahan ini,” ujarnya. Rencananya, sambung Adi, LAN akan memiliki kegiatan bertajuk Lab Inovasi dengan mengajak masyarakat duduk bersama untuk mulai mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat dibedah agar dapat dikembangkan menjadi desain inovasi baru.

“Nantinya kita akan memiliki tenaga-tenaga yang dapat dimanfaatkan untuk mengasistensi perubahan-perubahan tadi. Harapannya Desember ini kita sudah bisa mendisplay dan menunjukkan inovasi-inovasi apa yang sudah dilakukan Kota Semarang,” ujarnya. Menurutnya Kota Semarang sebenarnya bukan tidak melakukan inovasi. Justru menjadi contoh inovasi di berbagai tempat. Hanya PR kita bagaimana kita bisa menjadikan Kota Semarang sebagai destinasi untuk pembelajaran inovasi. Merutnya perubahan terkait gagasan akan efektif jika datang dari pimpinan.

“Itu sebabnya para pemimpin kita ajak berkumpuk dalam acara ini karena diharapkan kalau pimpinannya mau berubah tentu bawahannya akan ikut berubah,” sambung Kepala LAN. Sementara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi inisiasi dari LAN agar daerah-daerah memiliki daya saing terutama dalam mempersiapkan para pegawai agar memiliki daya kreasi, inovasi, dan juga melayani masyarakat dengan baik. Dengan begitu momentum ini dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk berkoordinasi dengan LAN agar standar Kota Semarang tidak tertinggal dengan kota lain.

“Sukur-sukur Kota Semarang bisa menjadi destinasi untuk wilayah-wilayah yang mau berguru dengan terobosan-terobosan yang sudah dilakukan Pemkot Semarang,” tukas Walikota. Karena, lanjutnya, tuntutannya jelas saat ini masyarakat semakin cerdas dan ingin pemerintah ada di setiap aspek kehidupan. Dengan begitu perlu adanya sikap yang responsive terhadap keluhan-keluhan dari masyarakat. Kami ngin program yang sudah dilakukan ini tidak hanya bermanfaat untuk Kota Semarang tapi juga dinilai LAN mampu sejajar dengan kota lain bahkan bisa menjadi percontohan bagi kota lain.