• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

“Semarang Sabet Penghargaan Menteri Perindustrian 2016”

 21-12-2016 06:52 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 321 kali Berita Kota
Dipenghujung tahun 2016, lagi-lagi Kota Semarang memperoleh penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa dari Kementerian Perindustrian RI, Selasa (20/12) di gedung Kementerian Perindustrian Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada Walikota Semarang  yang diwakili oleh kepala Disperindag Nurjanah atas  kebijakan Pemkot yang mendukung kemajuan industri dalam negeri pada acara penganugerahan penghargaan bidang industri tahun 2016 .

Tujuan Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan tersebut dalam rangka menggalakkan penggunaan produk dalam negeri, mendorong masing – masing pemerintah daerah baik tingkat propinsi, kabupatan maupun kota untuk meningkatkan kecintaan produk dalam negeri, Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mangatakan ditengah persaingan yang relatif terbuka terhadap produk-produk impor, kita harus meningkatkan kesadaran , rasa bangga dan cinta terhadap produk dalam negeri baik dilingkungan pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat.

“Mengingat belanja pemerintah untuk pembelian barang dan jasa sangat besar jumlahnya, ini merupakan pasar yang potensial bagi produk-produk dalam negeri dan sangat membantu pengembangan industri dalam negeri apabila pasar dikuasai,” tambahnya. Untuk itulah pemerintah memberikan penghargaan kepada kementrian, lembaga , Pemprov, Pemkot, Pemkab dan BUMN serta Perguruan Tinggi yang telah mendorong optimalisasi penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa di masing-masing instansinya.

Untuk tahun 2016  penghargaan diberikan kepada 3 kementerian/lembaga, 3 Pemprov, 3 Pemkot/Kab, 3 BUMN/D dan 3 Perguruan Tinggi. Airlangga Hartarto mengaharapkan agar penghargaan ini dapat menumbuhkan komitmen kita semua untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri yang pada gilirannya dapat memacu dunia usaha nasional untuk selalu meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri, dapat memperkuat basis produk nasional agar mampu bersaing di pasar dalam negeri dan menjadi prioritas bagi belanja pemerintah daerah serta memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menggunakan produk-produk dalam negeri.

Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah kota Semarang dalam pengadaan barang dan jasa selalu berpedoman pada kebijakan pemerintah pusat, dirinya komitmen untuk pengadaan barang dan jasa harus  mengutamakan produk dalam negeri, karena hanya dengan kebijakan demikian kita akan membantu tumbuhnya industri dalam negeri ditengah persaingan global.

“Penggunaan produk dalam negeri merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk membangun kebanggaan sebagai bangsa  yang mandiri, saya selalu menegaskan kepada pimpinan SKPD agar memprioritaskan penggunaan  produk dalam negeri, banggalah dengan karya bangsa sendiri, “ kata Hendi panggilan akrab Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas diterimanya penghargaan ini, dan mengajak seluruh warga kota Semarang untuk mencintai produk dalam negeri, mulailah dari diri sendiri agar kita menjadi bangsa yang kuat, lanjutnya.  Kota Semarang menerima Anugerah Cinta Karya Bangsa bersama Kota Palembang dan Kabupaten Sleman.