• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 
  • Segenap Jajaran Pemerintah Kota Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mohon Maaf Lahir & Batin

Berita Kota

Kolang – Kaling produk unggulan yang dihasilkan Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunung Pati.

 22-12-2016 12:25 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 339 kali Berita Kota
Di samping ingin mempererat silaturrahim,Pemerintah Kota Semarang ingin melihat lebih dekat, apa yang menjadi persoalan pembangunan di wilayah sini untuk nantinya bisa ditindak lanjuti. Program-program pembangunan tidak hanya melulu di pusat kota namun juga wilayah pinggiran juga menjadi perhatian.  

Kota Semarang memiliki wilayah yang namanya Gunungpati. Wilayah yang kaya, dengan luas wilayah 5.399.085 hektar, ada potensi pertanian, peternakan, kemudian ada desa wisata Kandri dan Nongkosawit. Yang tidak kalah hebatnya, ada Waduk Jatibarang, Goa Kreo yang kita harapkan menjadi ikon baru wisata atau landmark-nya Kota Semarang. Jadi kalau orang mendengar Kota Semarang, yang terlintas bukan hanya Lawang Sewu, Simpang Lima atau Tugu Muda saja, namun juga Gunungpati.  

Dalam laporannya Ketua LPMK Kelurahan Jatirejo mengucapkan Selamat datang kepada Wali Kota Semarang beserta jajaran SKPD di Kelurahan Jatirejo semoga kehadirannya kali ini memeberikan angin sejuk di kelurahan ini.Terimakasih kepada Wali Kota atas pemberian bantuan selama ini dahulu dengan sekarang  tentunya sudah jauh berubah lebih baik karena bantuan Pemkot Semarang, perlu kami sampaikan kelurahan ini luas 238.130 Km dengan 215.000 jiwa dengan 2 rw dan 10,0. Prosentase kemiskinan cukup tinggi sehingga mohon menjadi perhatian dari Pemkot Semarang. Berharap semoga program-program bisa tepat sasaran sehingga angka kemiskinan bisa berkurang. Disamping itu Kecamatan Gunung Pati mengadakan lomba Kampung Asri, Kelurahan Jatirejo memperoleh juara II, yang memberikan nilai positif karena bisa mengangkat  kegotongroyongan di kelurahan tersebut.  

Hendi mengatakan, meskipun kelurahan Jatirejo kecil tetapi cabe rawit, sentra hasilnya sudah jelas ada durian dan kolang kaling harus dijaga supaya potensi unggulan bisa dipertahankan. Pihaknya mengapresiasi gotong royong di kelurahan ini. Di kelurahan ini semoga tahun depan bisa ditunjuk sebagai kampung tematik.  

Kampung tematik ini tujuannya supaya Kota Semarang punya Kampung Hebat yang tidak kumuh jalan harus bagus cat harus warna-warni agar keliatan rapi dan bagus. Rumah-rumah harus ijo royo-royo dengan pot-pot tanaman yang bagus. Kekuatan unggulan juga harus ditonjokan misalnya sentra kolang kaling, untuk selanjutnya silakan dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi, kenapa? karena di Dinas ini ada bantuan UMKM dengan bunga hanya 3% per tahunnya. Harapannya dapat membantu warga dalam pemberdayaan ekonominya.  

Progam kampung tematik ini akan dibantu dengan progam Arsitek masuk Kampung masing-masing kelurahan akan turun 2 design ditiap kelurahan, manfaatkan dengan maksimal agar kampung ini menjadi lebih baik dan hebat lagi, kemudian tadi ada ruas jalan yang bisa ditingkatkan jika kanan kiri masih ada ruas maka lebarkan saja supaya jalan lebih lebar dan akses jalan mudah untuk transportasi. Kemudian yang paling penting mari sama-sama guyub jika ada sesuatu disesuaikan dengan pak camat dan pak lurah, ujar Hendi.  

Dalam sesi dialog  tanya jawab ada warga yang bertanya kepada Wali Kota dan SKPD terkait, diantaranya pertanyaan dari : Budi Prihatin ketua RW 1  yang menanyakan : ada jalan tembus di kelurahan ini melalui jembatan kranji, namun jembatan di jalan tembus kondisi sangat memprihatinkan karena pindah sudah pecah takut membahayakan warga jika akan ke kota semarang. Mohon agar bisa dibangun total jembatan perhubungan antara kelurahan  Jatirejo ke kelurahan Kandri tersebut.

Jalan tembus nanti akan di buat lampu penerangan dan jembatan penghubung antara kelurahan Jatirejo dan kelurahan Kandri akan di anggarkan di tahun 2017 agar diperbaiki dan akan dilakukan perencanaan pelebaran jembatan tersebut. Sedangkan pertanyaan kedua dari Ninik wakil pokdarwis kelurahan Jatirejo : ada progam wisata dan kuliner, kapan SK  desa wisata kelurahan Jatirejo bisa di keluarkan? SK ( Surat Keputusan ) desa wisata di kelurahan Jatirejo akan dikoordinasikan lewat Disbudpar ( Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ) Kota Semarang.  

Pada kesempatan tersebut Hendi juga meninjau sentra hasil  Kolang – kaling yang di hasilkan oleh salah satu warga kelurahan Jatirejo. Yang menjadi salah satu sentra unggulan di kelurahan Jatirejo, kecamatan Gunung Pati. Potensi lokal harus terus dikembangkan misalnya  kalau memang di kelurahan ingin sentra kolang kaling nanti supaya dibantu Dinas Pertanian untuk bibit kolang kalingnya agar ditanam di kelurahan, tambah Hendi.