• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Pukul 16.00 WIB, Jalan Pemuda (Depan Kantor Pos) Ditutup

 29-12-2016 14:24 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 296 kali Berita Kota
Menyemarakkan penghujung malam tahun 2016 dan menyambut tahun 2017, berbagai acara siap digelar untuk menghibur warga Kota Semarang Sabtu(31/12) mendatang. Tak hanya gelaran yang disiapkan Pemkot Semarang, berbagai tempat hiburan dan objek wisata Kota Semarang pun berramai-ramai mengagendakan acara untuk menyemarakkan malam pergantian tahun.  

Sebanyak kurang lebih 34 agenda meriah telah disiapkan untuk menghibur warga Kota Semarang sekaligus menarik minat wisatawan untuk berbondong-bondong menuju Kota Semarang. Tak hanya di titik-titik pusat kota Semarang, acara tersebar merata hingga wilayah pinggir Kota Semarang. Live music dangdut dan pesta kembang api dengan bintang tamu artis kaliber nasional seperti Roy Jeconiah Boomerang dan Via Vallen akan menghibur warga Titik Nol kilometer Kota Lama Semarang. Selain itu, Festival Gong Tugu Muda juga telah dipersiapkan Dewan Kesenian Kota Semarang di Taman Menteri Supeno.

Tak hanya di Kota Lama dan Taman KB, pesta kembang api dan live music juga akan diselenggarakan di Lapangan Jati Sari Mijen, Pantai Marina, Kolam Renang Aston Hotel, Kolam RM Kampung Laut, taman depan Virgin Cake & Bakery serta Banaran 9 Coffee dan Tea. Selain itu, acara Magical Desember Bazaar, Ice Skating, Snowland, Music, Dancing, Fountain, Snow Ghost dan Penyalaan Kembang Api untuk menyambut Tahun Baru 2017 juga digelar di PRPP Semarang. Sementara di Gedung Batu Sam Poo Kong , pengunjung akan dihibur dengan atraksi barongsai, bazar kuliner serta berbagai hiburan akhir tahun.  

Upaya nguri-uri budaya juga masih terus dilakukan dengan adanya pagelaran Wayang Orang Brubuh Baratayuda di Taman Budaya Raden Saleh  mulai pukul 20.00 WIB. Sementara, di Taman Margasatwa Semarang warga akan dihibur dengan atraksi satwa, Barongsai, live music serta festival sosis.

Yang sama juga akan Pantai Marina, Lapangan Jati Sari Mijen, dan Banaran 9 Coffee dan Tea di Tri Lomba Juang. Tak hanya itu , Festival Gong Tugu Muda di Taman KB Semarang, Pentas Seni di Kampoeng Wisata Taman Lele, Wayang Orang Brubuh Baratayuda di Taman Budaya Raden Saleh dan masih banyak lagi. Menanggapi berbagai kemeriahan acara akhir tahun, Walikota Semarang menghimbau kepadaseluruh masyarakat Kota Semarnag agar bisa menyambut Tahun Baru 2017 dengan tertib, aman, bersih, sejuk, indah, ramah dan penuh kenangan.

Masyarakat juga diminta untuk meningkatkan pengawasan dan pencegahan terhadap kegiatan yang melanggar hukum. Himbauan ini tertuang dalam surat edaran Walikota Semarang nomor 003.2/6034 tanggal 20 Desember 2016 tentang himbauan dalam rangka menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017. Himbauan tak hanya ditujukan untuk warga Kota Semarang saja, melainkan kepada seluruh pengelola untuk menyediakan fasilitas kesehatan, menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengujung.

Pengelola tempat usaha juga diminta untuk memberikan pengawasan dan pencegahan dari segala macam bentuk kegiatan yang melanggar hukum  agar perayaan pergantian Tahun Baru 2017 bisa berjalan dengan aman dan tertib. Sebagai upaya memberikan kenyamanan bagi warga maupun pengguna jalan, Pemkot Semarang melalui Dishubkominfo juga telah merancang rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan. Penutupan jalan diantaranya dilakukan di jalan Pemuda mulai ruas jalan depan Gedung Keuangan Negara Papak, Kantor Pos hingga depan Hotel Metro.

Dengan adanya penutupan jalan ini, arus lalu lintas akan dialihkan melalui jalan Imam Bonjol, Agus Salim, Kolonel Sugiyono, Empu Tantular serta Letjend Suprapto. Penutupan jalan akan dilakukanpada hari Sabtu(31/12) sejak pukul 16.00 WIB. Untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas, warga dihimbau menghindari kawasan padat lalu lintas atau berangkat lebih awal khususnya bagi warga yang akan menuju stasiun Tawang dan Stasiun Poncol. Sementara penutupan jalan sebagian juga mulai dilakukan Kamis(29/12) pukul 00.00 WIB untuk persiapan lokasi dan loading acara. Untuk memberikan akses jalan, arus lalu lintas dari arah Kota Lama dialihkan melewati depan Kantor DPPAD provinsi Jawa Tengah, sedangkan arus kendaraan dari arah imam bonjol akan diarahkan melalui jalan Layur.