• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

DPA Tahun 2017 Diserahkan, Segera Lakukan Lompatan-Lompatan Besar

 12-01-2017 15:29 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 810 kali Berita Kota
Kamis (12/1) bertempat di Ruang Lokakrida Kompleks Balaikota Semarang, Walikota Semarang Hendrar Prihadi secara simbolis menyerahkan DPA Tahun 2017 (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Semarang dan dilakukan pula penandatanganan Pakta Integritas pelaksanaan APBD Kota Semarang Tahun Anggaran 2017. Adapun yang diserahkan kali ini ada 53 dokumen ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2016 tanggal 28 Desember 2016 dan penjabaran APBD Tahun Anggaran 2016 dan Peraturan Walikota Semarang Nomor 129 Tahun 2016 tanggal 28 Desember 2016.

DPA Tahun Anggaran 2017 terdiri dari DPA OPD diantaranya DPA pendapatan dengan jumlah Rp 3.950.141.353.000 dan DPA belanja dengan rincian sebagai berikut belanja tidak langsung sejumlah Rp 1.599.095.148.000, belanja langsung sejumlah Rp 2.951.062.556.000.
Dengan tujuan agar kegiatan yang dibiayai dari APBD dapat segera dilaksanakan sekaligus sebagai pedoman pengelolaan keuangan daerah dan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 serta mewujudkan kesatuan langkah dalam melaksanakan system keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, tertib administrasi, tepat sasaran serta tanpa akses dan percepatan pelaksanaan kegiatan TA-2017 sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan tidak menumpuk pada akhir tahun.

“Syukur Alhamdulilah meski lebih lambat empat hari dibanding tahun lalu, APBD Tahun Anggaran 2017 dapat diselesaikan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Saya mengapresiasikerja keras, kinerja dan langkah luar biasa dari kawan-kawan khususnya Tim Anggaran DPRD dan perangkat daerah yang membidangi masalah anggaran” tutur Walikota saat membuka acara tersebut.

Lanjut walikota meski demikian gerak cepat yang diawali dengan penyerahan DPA seringkali tidak diimbangi dengan gerak cepat dalam proses kegiatan dan penyerapan anggaran apalagi ada perubahan organisasi perangkat daerah di awal tahun ini yang belum tuntas penempatan stafnya, SK pengguna anggaran, PP Kom, dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Untuk itu pihaknya berjanji akan menyelesaikan permasalahan ini maksimal hingga akhir Januari. “Target saya akhir Januari ini sudah tuntas itu semua. Sehingga setelah itu teman-teman semua bisa mulai memasukkan rencana-rencana kegiatan/ pelelangan di ULP” tegas Walikota.

Dikatakan Walikota prioritas tahun ini masih diarah wilayah peningkatan infrastruktur, namun berkembang menjadi kemiskinan bisa dikurangi, pengangguran semakin ditekan sehingga aktivitas ekonomi bisa berjalan dengan baik dan lancar karena infrastrukturnya sudah tumbuh berkembang dengan baik. Lebih diperinci oleh pihaknya, lompatan-lompatan besar yang akan di selesaikan bersama di tahun ini yaitu penanganan rob banjir di daerah Semarang Timur dengan normalisasi 5 kali besar yaitu banjir kanal timur, Tenggang, Sringin, Babon, dan Banger.

Terakhir Walikota berharap capaian positif kita yang telah dilakukan tahun 2016 kemarin, memotivasi kawan-kawan semua agar dapat mempertahankan dan meningkatkan performa kinerja di tahun 2017. “Tahun 2016 kemarin saya apresiasi kerja keras kalian semua, dari SILPA yang hanya 700 milyar dan juga diraihnya 28 penghargaan dari tingkat provinsi maupun nasional. Saya harap ditahun ini bisa lebih ditingkatkan lagi disbanding tahun sebelumnya” harap Walikota.