• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Si Cepat Ambulance Hebat, Dapat Diakses Secara Gratis

 19-01-2017 15:45 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 1844 kali Berita Kota
Diantara serangkaian peresmian proyek pembangungan tahun 2016 Selasa kemarin (17/1), Walikota Semarang meresmikan 5 unit Si Cepat Ambulan Hebat sebagai salah satu sarana kesehatan di Kota Semarang.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa ia mengapresiasi dengan dilaunchingnya ambulance ini. Si Cepat Ambulan Hebat merupakan ambulance reaksi cepat yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat  secara gratis dengan fasilitas lengkap dan petugas kesehatan yang standby selama 24 jam.

“Harapannya masyarakat yang sakit dan membutuhkan ambulance ini dapat menelpon dan segera ditangani. Kedepan akan segera disusul ambulance lain minimal akan ada 2 ambulance di setiap kecamatan” ujar Walikota.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono selama ini proposi kematian menurut tempat kejadian kematian yaitu 64,5 persen di rumah, 30,1 persen di rumah sakit, tempat lainnya 3,4 persen, serta fasilitas kesehatan lain 1,5 persen, untuk itu pihaknya menginisiasi peluncuran ambulan tersebut.

Hal itu didasari oleh Permenkes No. 19 Tahun 2016 tentang Sistem Pen anggulangan Gawat Darurat Terpadu, Kepmenkes RI Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit, serta Kepmenkes RI Nomor 882/Menkes/SK/X/2009 tentang Pedoman Penanganan Evakuasi Medik.

“Si Cepat Ambulan Hebat merupakan Pusat pelayanan kesehatan  yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal kegawatdaruratan, termasuk pelayanan medis yang dapat di hubungi dalam waktu singkat di manapun berada dan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendapatkan respon cepat,” tuturnya
Pihaknya menambahkan bahwa Masyarakat harus tahu  bagaimana melaporkan  kasus emergensi. “1500 - 132 adalah nomer yang  diakses jika membutuhkan kegawatdaruratan. Dengan menelpon call center tersebut kemudian akan dilakukan penjemputan pasien kegawatdaruratan medis dan pasien kegawatdaruratan maternal dengan ambulan ke rumah pasien atau lokasi kejadian untuk diantar ke rumah sakit tujuan,” jelas widoyono.

Ambulance tersebut memiliki fasilitas mobil ambulan stage 2, minus dc shock, peralatan gawat darurat medis, obat-obatan kegawat-daruratan, serta peralatan seperti Gantungan infus , lampu periksa pasien, Jok dokter dan jok paramedik/pengantar, APAR, Tabung Oksigen, Automatic ambulan stretcher, Exrication colar, Long spinal-board, ALS Emergency, dan Transport pasien monitor.
Sedangkan untuk SDM pihaknya menyediakan sebanyak 25 perawat, 5 dokter umum, 25 bidan, 25 drier, 5 operator call center, serta 4 tenaga admin.
Guna mempermudah akses, ambulance ini akan ditempatkan di dinas kesehatan kota semarang sebagai coordinator di lantai 1 serta disebar di 4 lokasi puskesmas rawat inap untuk lebih mempercepat waktu pelayanan. Pembagian tempat tersebut terbagi atas wilayah barat berada di PKM. Karang Malang yang terdiri dari Kecamatan Tugu, Kecamatan Ngalihan, Kecamatan Mijen, Kecamatan Gunungpati, Wilayah Tengah yang berada di PKM Halmahera yang terdiri dari Kecamatan Semarang Tengah, Kecamatan. Semarang Barat, Kecamatan Gajah Mungkur, Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Semarang Timur.

Sedangkan untuk wilayah selatan berada di PKM Srondol dengan wilayah Kecamatan Semarang Selatan, Kecamatan.Banyumanik, Kecamatan Candisari, serta wilayah timur yang dipos kan di PKM Bangetayu dengan porsi wilayah di Kecamatan Genuk, Kecamatan Gayamsari, Kecamatan Pedurungan, Kecamatan Tembalang.(wulan)