• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Semarang pun Rela Antri

 08-02-2017 11:24 WIB    by Admin    Dilihat: 782 kali Berita Kota
Tingkah polah dan perilaku para pejabat publik di Indonesia memang kerap menjadi perhatian/ bahan perbincangan warga yang melihat langsung maupun yang pernah mengalaminya, baik berperilaku buruk maupun baik selalu menarik masyarakat untuk berkomentar di media sosial mediapun tak luput menjadi tempat para netizen untuk menyampaikan komentarnya.
Salah satunya adalah ketika baru-baru ini sebuah akun Facebook 'Deni Nur Setiawan' mengunggah sebuah foto yang diambilnya dalam sebuah resepsi pernikahan. Dalam foto tersebut terlihat seseorang yang disebut dirinya adalah Walikota Semarang, Hendrar Prihadi sedang mengantri bersama beberapa orang. "Kata orang kalau jadi pejabat selalu didahuluin, tapi kemarin pas ke resepsi temen malah liat ada pak Wali clingak-clinguk di antrian masuk tamu sendirian.", tulis Deni dalam caption foto tersebut.
 
Foto tersebut lalu dibagikan oleh akun 'Nina Mariana' ke dalam Grup Facebook 'MIK SEMAR (Media Informasi Kota Semarang) https://www.facebook.com/groups/MIKSEMAR/permalink/1188959297887698/. Alhasil foto tersebutpun mengundang komentar netizen yang berada dalam grup tersebut.

Salah satunya ditulis oleh akun 'Vidya Oktarina AtmoPrawiro' yang mengatakan, "Dulu nikahanku beliau juga ikut antre kok". Selain itu akun 'Yulianti Tuti' berkomentar, "Wah....aku salut karo mas Hendi....." (Saya salut dengan mas Hendi). Senada, akun 'Andreas BW' mengatakan "aku juga salut".
 
Deni pemilik akun facebook 'Deni Nur Setiawan' ketika dikonfirmasi bercerita pada saat itu dirinya tidak sengaja bertemu dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi saat datang ke resepsi pernikahan temannya. "Waktu itu memang antriannya panjang karena prosesi baru mulai, beliau ditawari untuk masuk duluan tapi tidak mau", terangya. Deni mengatakan pada saat itu dirinya memfoto lalu mengunggah dalam akun facebooknya karena ingin menunjukkan bagaimana perilaku seorang pejabat seharusnya.
Hendrar Prihadi ditanya mengenai hal ini, beliaupun tersipu malu-malu. “Ada-ada saja tingkah netizen ini”, kata Walikota. Menurutnya foto ini salah satu bentuk perhatian warga kepada Walikotanya. Dari foto ini pihaknya mengajarkan untuk tidak membiasakan dengan “fasilitas VIP” yang sering dipergunakan pejabat publik dalam kesehariannya, namun alangkah baiknya berjalan sesuai dengan air mengalir tanpa mengandalkan orang lain, tuturnya.
Pihaknya berujar fasilitas VIP yang diberikan hanyalah sesaat saja, bila tidak menjabat fasilitas tersebut akan hilang. Bila situasi kondisi masih memungkinkan,ia pun jarang menggunakan fasilitas untuk hal-hal sifatnya pribadi
“Belajarlah melalui budaya antri, karena dengan ini banyak pelajaran yang bisa diambil. Diantaranya melatih kesabaran dan keikhlasan” tandasnya.
Tidak hanya antri dalam resepsi nikahan saja, Hendi panggilan akrab orang nomor satu di Kota Semarang juga mengajarkan masyarakat untuk taat aturan. Ini ditunjukkan dalam kepatuhannya terhadap aturan jalan satu arah. “Rumah Saya di Lempongsari, ketika mau berangkat kerja ke Balaikota, Saya pun harus rela menempuh jarak sedikit lebih jauh karena jalan Veteran sudah satu arah”, ungkapnya.
“Di sinilah Saya rasa kita dilatih untuk sabar dan ikhlas. Kalau sudah jadi aturan, ya wajib kita patuhi. Karena ini semua juga demi kepentingan dan kebaikan kita bersama”, pungkasnya.