• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berita Kota

Tim Damkar Kota Semarang Juarai Hose Laying Nasional

 13-03-2017 08:05 WIB    by Admin    Dilihat: 1964 kali Berita Kota
Cepat, tepat dan sigap. Tiga skill dasar dalam pertolongan bencana kebakaran tersebut  baru saja dibuktikan tim Pemadam Kebakaran Kota Semarang saat memenangkan Kejuaraan Skill Competitionbeberapa saat laluLomba tingkat nasional tersebut digelar dalam rangka peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional (Damkarnas) yang digelar meriah di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu(1/3). 

Tropi berwujud hydrant dan piagam penghargaan juara I skill competition kategori hose layingdiserahkan langsung oleh Mendagri, Tjahyo Kumolo kepada Joko Purwono selaku perwakilan tim hose laying Kota Semarang. Dalam apel besar tersebut kurang lebih 1.500 personil Damkar se-Indonesia berpartisipasi dan mengikuti berbagai lomba ketangkasan yang diikuti.

Pada skill competition tersebut, tim Pemadam Kota Semarang berhasil unggul dan mengalahkan    44 tim lain perwakilan dari kota/kabupaten se-Indonesia. Dalam kejuaraan tersebut, setiap tim yang terdiri dari 12 orang personil membuktikan kecepatan dalam melakukan penyelamatan korban sekaligus memadamkan api.

Keahlian dan ketrampilan dalam penyelamatan korban dan pemadaman ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap personil pemadam. Penghargaan ini sekaligus sebagai bukti ketangkasan tenaga pemadam kebakaran Kota Semarang. Keberhasilan tim pemadam kebakaran Kota Semarang ini merupakan prestasi pertama yang diharapkan dapat terus dipertahankan. Tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang juga telah berhasil menyabet piagam penghargaan atas prestasinya dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran di pemukiman, gedung publik, dan pabrik kategori ibu kota provinsi.  

Mendagri dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kinerja Damkar yang selama ini memiliki jiwa korsa, semangat juang, dan mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Mendagri juga menyampaikan penghargaan kepada petugas atas pengabdiannya dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat, dan aset nasional/ daerah dari bahaya kebakaran.

"Personil pemadam kebakaran memiliki resiko tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa, namun tetap dilakukan dengan semangat juang tinggi dan profesional" kata Mendagri saat upacara.

Lebih lanjut, dirinya meminta segenap satuan Damkar bekerja dengan ikhlas dan meningkatkan profesionalisme. Kedepan diharapkan pelayanan terbaik untuk masyarakat dalam menanggulangi bencana kebakaran selalu ditingkatkan.

Apresiasi yang sama diberikan Walikota Semarang Hendrar Pribadi kepada tim Damkar Kota Semarang. "Penghargaan tersebut merupakan bentuk kerja keras tim selama ini dalam melayani masyarakat. Itu tidak mudah karena diperlukan ketangkasan,  ketanggapan serta soliditas diantara tim, " tuturnya.

Dengan diterimanya penghargaan tersebut,  Walikota Semarang berharap kedepan jajaran Damkar Kota Semarang dapat mempertahankan prestasinya dalam melayani masyarakat.

Pada kejuaraan yang berlangsung dari tanggal 25 Februari hingga 1 Maret tersebut, dilakukan berbagai kegiatan dan lomba seperti ketangkasan leader pitching, team survival, yel kreatif dan senam komando. Selain itu, pada puncak perayaan dilaksanakan pula atranksi pemadaman kebakaran,high rescue dan penyelamatan korban.