• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

SINAKES Online Kota Semarang, Layanan Perijinan Kesehatan Jadi Lebih Sederhana

 30-03-2017 06:59 WIB    by Admin    Dilihat: 1397 kali Berita Kota
Pemerintah Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan perijinan masyarakat dengan melakukan inovasi yang didukung pemanfaatan teknologi informasi.
Bertempat di Gedung Diklat RSUP Dr. Kariadi Semarang Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melaunching aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (SINAKES) On Line, Rabu (29/3).
Kepala Bidang Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Perizinan DPM-PTSP Sunarto dalam laporan penyelenggaraan mengatakan adanya aplikasi SINAKES On Line memberikan kelancaran dan kemudahan layanan perijinan bagi tenaga kesehatan. “Aplikasi ini merupakan wujud penyederhanaan layanan perijinan terutama layanan perijinan bagi tenaga kesehatan yang meliputi layanan ijin bidan, perawat, apoteker, farmasi, perijinan pendirian klinik psikoterapi, klinik radiographi, dan klinik laboratorium” tutur Sunarto.
Lanjut Sunarto, layanan ini akan buka selama dua hari mulai Rabu sampai Kamis (29/3-30/3) pukul 08.00-14.00 secara gratis bagi warga Semarang.
Aplikasi SINAKES On Line terintegrasi dalam tiga kelembagaan yang menangani proses perijinan tenaga kesehatan seperti Organisasi Profesi, Dinas Kesehatan Kota Semarang dan DPM-PTSP Kota Semarang.
Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya menyampaikan launching aplikasi ini merupakan wujud penyederhanaan layanan perijinan kepada masyarakat terutama layanan perijinan bagi tenaga kesehatan. “Selama ini birokrasi kita dalam pelayanan sangat lama. Maka dari itu kami memangkas menjadi seperti ini. Dengan ini pemohon tidak perlu membawa berkas izin” urai Hendrar Prihadi.
Walikota berharap aplikasi SINAKES On Line dapat menjawab permasalahan perijinan tenaga kesehatan berupa penanganan berkas perizinan, pencatatan izin, pencetakan surat izin, sampai dengan informasi data perizinan tenaga kesehatan.