• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 
  • Segenap Jajaran Pemerintah Kota Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mohon Maaf Lahir & Batin

Berita Kota

Lomba Masak Ikan: Upaya Menumbuhkan Gemar Makan Ikan

 19-04-2017 08:10 WIB    by Admin    Dilihat: 306 kali Berita Kota
Ikan yang kaya protein ternyata bisa menjadi olahan yang menarik dan lezat. Di tangan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK ikan diolah menjadi kreasi yang menggoda lidah menjadi hidangan keluarga seperti pepes, siomay, kari, gule, dan lain-lain. Kehebohan ini terlihat saat lomba di Halaman Balaikota yang bertajuk “Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Semarang Tahun 2017” dalam rangka memeriahkan HUT ke 470 Kota Semarang, Selasa (18/4).
Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kota Semarang ini sangat ditunggu-tunggu kaum hawa. Salah satu penonton lomba, Susi sangat antusias melihat lomba ini dirinya menuturkan aroma ikan sangat menggugah selera hingga ia ingin mencicipi hasil masakan. “Saya senang memasak ikan maka saya menonton lomba ini. Menurut saya hasil masakan peserta semuanya sangat kreatif dan inovatif” tuturnya.
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi pun tak mau kalah, ia pun mengatakan lomba ini merupakan ajang untuk memotivasi ibu-ibu hebat dalam memasak, meskipun memiliki karir di luar rumah. “Ini adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi panjenengan kaitannya untuk mendorong para ibu mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya  serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas” urai istri orang nomor satu di Kota Semarang saat membuka lomba tersebut di hadapan peserta yang berasal dari 16 Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kota Semarang. Masing-masing kecamatan diwakili 1 tim yang terdiri dari 2 orang.
Lanjut Tia, melalui lomba ini juga dapat mendukung program yang dicanangkan pemerintah pusat, melalui gerakan makan ikan. Dimana menurut standar nasional diharapkan mencapai angka 43,88 kg/kapita/tahun. Namun Kota Semarang masih mencapai angka 28-30 kg/kapita/tahun. Di samping itu secara tidak langsung dapat membantu mengangkat penghasilan para nelayan.
Mengakhiri sambutannya, Tia Hendrar Prihadi berharap bahwa selepas mengikuti lomba ini ibu-ibu bisa saling bertukar resep untuk kemudian diterapkan dalam memasak menu ikan untuk keluarga.
Dalam perlombaan ini, penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar Rp 11.250.000 ditambah piagam dan trophy walikota. Hasil pemenang dinobatkan juara satu, PKK Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunung Pati, sedangkan juara dua diraih oleh PKK Kelurahan Plamongan Sari, Kecamatan Pedurungan dan PKK Kelurahan Bangunharjo Kecamatan Semarang Tengah meraih posisi juara tiga. Sementara juara berbakat diraih Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen dan Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan.