• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Melalui Ziarah Makam Pahlawan

 19-04-2017 10:32 WIB    by Admin    Dilihat: 565 kali Berita Kota
Masih dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-470 Kota Semarang, Senin (17/4), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang.
Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian mengheningkan cipta dilanjutkan peletakan karangan bunga dan penghormatan akhir kepada arwah pahlawan dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi. Usai penghormatan akhir Wali Kota Semarang melakukan prosesi tabur bunga di makam pahlawan dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi yang selanjutnya diikuti Muspida, DPRD, Sekda, kepala OPD, TNI, Polri, Korpri, Tim Penggerak PKK, Organisasi Masyarakat, Pelajar dan Pramuka.
Dikatakan Walikota Hendrar Prihadi, kegiatan ziarah tersebut memiliki arti yang sangat penting sebagai perwujudan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan. Lebih lanjut Walikota menyampaikan berbagai kemajuan yang diraih Kota Semarang pada saat sekarang ini mulai sector infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan kemajuan-kemajuan yang lain, tak bisa lepas dari perjuangan pahlawan dan pendahulu kita.
“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana perenungan diri agar kita bisa meneruskan perjuangan para pahlawan, khususnya sebagai generasi muda yang nantinya meneruskan tongkat estafet penerus bangsa” tungkasnya.
Para pahlawan ini patut dihormati oleh para generasi muda karena ini merupakan bentuk aplikasi yang riil untuk mengenang jasa para pahlawan sehingga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Jika dulu para Pahlawan berjuang untuk Negara Ini melalui peperangan fisik, namun tidak untuk zaman sekarang. Rasa Nasionalisme bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal positif sesuai dengan kapasitas dan kemampuan individu masing-masing. Misal sebagai pemuda dengan menjauhi narkoba, menghindari tawuran, dan menuntut ilmu untuk kemudian mendarmabaktikan ilmu tersebut untuk Negara Indonesia, kkhususnya untuk Kota Semarang.
Tak hanya ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Pemkot juga masih mengagendakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan HUT ke 470. Dalam waktu dekat Pagelaran Wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono yang akan di selenggarakan di Halaman Balaikota tanggal 27 April dan juga Pengajian Hari Jadi Kota Semarang bersama Emha Ainun Najib yang akan diselenggarakan 25 April pukul 19.00 di Halaman Balaikota.