• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 
  • Segenap Jajaran Pemerintah Kota Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mohon Maaf Lahir & Batin

Berita Kota

Hari Kartini diperingati oleh semua pegawai di Pemerintah Kota Semarang

 21-04-2017 10:59 WIB    by Admin    Dilihat: 372 kali Berita Kota
Pemerintah Kota Semarang memperingati Hari Kartini dengan mengadakan upacara bersama yang  berlangsung di Halaman Balaikota Semarang,  dilaksanakan tepat  pada hari Jumat ,tanggal 21 April 2017. Seluruh petugas upacara adalah para Eselon 2  yang kesemuanya adalah wanita sampai Pembina upacaranya juga  adalah Wanita yaitu Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai wanita Indonesia penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini.
 
Pembina upacara Wakil  Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu  dalam amanatnya menyampaikan sejarah Raden Ajeng Kartini. Beliau menjelaskan bahwa
Di era Kartini, akhir abad 19 sampai awal abad 20, wanita-wanita negeri ini belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal. Mereka belum diijinkan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi seperti pria bahkan belum diijinkan menentukan jodoh/suami sendiri, dan lain sebagainya. Kartini yang merasa tidak bebas menentukan pilihan bahkan merasa tidak mempunyai pilihan sama sekali karena dilahirkan sebagai seorang wanita, juga selalu diperlakukan beda dengan saudara maupun teman-temannya yang pria, serta perasaan iri dengan kebebasan wanita-wanita Belanda, akhirnya menumbuhkan keinginan dan tekad di hatinya untuk mengubah kebiasan kurang baik itu.

Apa yang sudah dilakukan RA Kartini sangatlah besar pengaruhnya kepada kebangkitan bangsa ini. Mungkin akan lebih besar dan lebih banyak lagi yang akan dilakukannya seandainya Allah memberikan usia yang panjang kepadanya. Namun Allah menghendaki lain, ia meninggal dunia di usia muda, usia 25 tahun, yakni pada tanggal 17 September 1904, ketika melahirkan putra pertamanya.
 
Pihaknya juga  menambahkan bahwa para Aparatur Sipil Negara ( ASN ) pada hari ini nampak cantik - cantik karena berpakaian seperti Raden Ajeng Kartini ,dan juga " kalau sudah berdandan cantik jangan lupa menyiapkan sarapan buat keluarga tercinta ", tambah Bu Ita.
 
"Kartini, perjuanganmu takkan sia-sia, karena sekarang banyak muncul Kartini-kartini muda yang hebat sebagai penerus perjuanganmu."