• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kini Urus Akta Kelahiran Di Semarang Tak Perlu Antri

 22-04-2017 21:03 WIB    by Admin    Dilihat: 1935 kali Berita Kota
Pentingnya dokumen kependudukan Akta Kelahiran untuk memenuhi persyaratan administrasi seperti pendaftaran sekolah, pembuatan paspor, KTP dan SIM, termasuk pengurusan pekawinan menjadikan Pemerintah Kota Semarang terus melakukan inovasi dan kemudahan warganya agar memiliki Akta Kelahiran.
Untuk itu, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang pernah dinobatkan sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pelayanan Publik oleh Kemenpan-RB RI pada awal tahun 2017 ini, terus berinovasi dalam mempermudah masyarakat dalam mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan pemerintah.
Salah satunyadengan merambah ke sistem online yang diberlakukan dalam  pengurusan Akte kelahiran. Melalui sistem online tersebut, masyarakat Kota Semarang yang ingin mengurus akta kelahiran tidak perlu mendatangi bahkan antri di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang.
Dikarenakan setelah mendapatkan surat kelahiran, masyarakat cukup melakukan permohonan akta kelahiran melalui alamat website E-Services.Dispendukcapil.SemarangKota.Go.Id. Melalui website tersebut selanjutnya masyarakat lalu tinggal mengisi data-data sesuai yang dimiliki ditambah mengupload surat keterangan kelahiran dan surat nikah.
Kemudian pemohon akta kelahiran tersebut akan mendapat notifikasi atas verifikasi data yang dimasukkan, jika terverivikasi akan ada pesan notifikasi melalui nomor ponsel dan e-mail yang artinya akta dalam bentuk fisik sudah jadi dan dapat langsung diambil di Kantor Dispendukcapil pada jam pelayanannya kerja.
Tak cukup sampai disitu, Pemerintah Kota Semarang menargetkan untuk waktu yang diperlukan dalam mengurus akta kelahiran secara online tersebut hanya memerlukan waktu satu hari.
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan dalam suasana HUT Kota Semarang ke-470 yang akan jatuh pada 2 Mei 2017 nanti, dirinya memang secara khusus berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi agar peringatan HUT tersebut tidak terasa hanya menjadi sebuah seremonial saja.
"Setiap peringatan HUT Kota Semarang selalu dirayakan dengan meriah, namun dalam perayaan tersebut pasti ada pertanyaan dari masyarakat, apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam satu tahun ini, sehingga inovasi-inovasi ini saya harap menjadi jawabannya", jelas Walikota yang akrab disapa Hendi ini.
Benar saja, menjelang peringatan HUT Kota Semarang yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017 nanti, sejumlah inovasi-inovasi baru dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. Antara lain dengan meluncurkan Kredit Wibawa untuk UMKM yang merupakan pinjaman dengan bunga paling murah se-Indonesia hanya 3%/tahun.
Lalu Walikota Hendi juga meluncurkan pelayanan gawat darurat gratis 24 jam bernama 'Si Cepat Ambulance Hebat'. Dan yang baru-baru saja adalah dengan merubah sebuah Kampung Kumuh menjadi daya tarik wisata baru bernama 'Kampung Pelangi' di Dukuh Wonosari, Semarang.
Selain itu dalam urusan pengurusan dokumen kependudukanpun, pengurusan akta kelahiran online ini menjadi inovasi kedua yang diluncurkan menjelang HUT Kota Semarang ke-470 tersebut. Sebelumnya Dispendukcapil Kota Semarang juga telah meluncurkan pelayanan pengurusan Dokumen Kependudukan, seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan KTP langsung jadi di tempat hanya 30 menit.