• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PEMKOT SEMARANG TERUS TINGKATKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN

 15-05-2017 11:20 WIB    by Admin    Dilihat: 1998 kali Berita Kota
Semarang – Dalam rangka peringatan Hari Otonomi  Daerah yang ke XXI tahun 2017, Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Bagian Otonomi Daerah Setda Kota Semarang mengadakan kegiatan seminar yang mengambil tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui e-Government ” di Ruang Lokarida,  Gd. Mr. Moch. Ichsan Lt. 8,  Jl. Pemuda 148 Semarang (15/05). Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bagian Otonomi Daerah Setda Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono Sementara para peserta dalam seminar tersebut berjumlah 150 orang yang terdiri atas Organisasi Perangkat Daerah  di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, perwakilan LPMK Kecamatan, perwakilan BEM PTN/PTS di Kota Semarang dan perwakilan komunitas di Kota Semarang. Sedangkan sebagai narasumber yang dihadirkan adalah Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang Johan Rifa’i, Direktur Utama Dian Nuswantoro Teknologi Mohamad Siddiq dan Kepala Bidang Layanan e-Government Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang Taufik Hidayat.
Dalam laporannya, Kasubag Politik dan Fasilitasi Kepala Daerah Bagian Otonomi Daerah Setda Kota Semarang Ari Widiastuti mengatakan maksud dilaksanakan kegiatan Seminar Dalam Rangka Refleksi Pelaksanaan Otonomi Daerah dan Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXI Tahun 2017  ini untuk memperluas wawasan peserta terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik melalui e-Government. Ari menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut agar dapat mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah  untuk meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam rangka pelayanan publik dengan melalui teknologi informatika.
Sementara dalam sambutannya, Kepala Bagian Otonomi Daerah Setda Kota Semarang Sapto Adi Sugihartono mengatakan bahwa pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan tuntutan dan kepentingan masyarakat.
upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau e-government agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat mengenai prosedur pelayanan publik” katanya dihadapan para peserta seminar.
Ditambahkan Adi bahwa upaya peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Berbasis E-Government akan mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good local governance) dan aparatur pemerintah daerah yang bersih (Clean Local Government).
intinya adalah setiap Pemerintah daerah didorong untuk mengembangkan yang namanya Smart City atau Kota Pintar. Di mana dalam mengelola otonomi daerah, setiap daerah dituntut untuk berinovasi, meninggalkan cara-cara konvensional di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” jelasnya.