• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

HENDI AJAK WAJIB PAJAK BAYAR PAJAK PBB LEBIH AWAL

 17-05-2017 11:18 WIB    by Admin    Dilihat: 1235 kali Berita Kota
Semarang – Pemerintah Kota Semarang melalui Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan “Pekan Panutan Pembayaran PBB Tahun 2017 dan Launching e-PARKING serta e-PBB” di Hall Balaikota Semarang, Rabu (17/05). Kegiatan tersebut dibuka langusng oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto dan segenap SKPD.

Dalam laporanya Kepala Bapenda Kota Semaramg A.Yudi Mardiana mengatakan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengingatkan dan menggugah kesadaran masyarakat akan kewajiban pembayaran perpajakan utamanya Pajak Bumi dan Bangunan yang akan segera memasuki masa jatuh tempo pembayaran pada tanggal 31 Agustus 2017.
“kegiatan ini dapat menjadi sauri tauladan dan mengajak kepada masyarakat untuk membayar PBB lebih awal yang dipelopori oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, Wajib Pajak kolektif dan segenap PNS di lingkungan Pemkot Semarang.” katanya.

Yudi juga menerangkan bahwa dengan launching e-PARKING dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pendapatan daerah, meminimalisir kebocoran  dan meningkatkan pajak daerah. Ditambahkan Yudi bahwa saat ini sudah dilakukan pemasangan alat parkir (tapping box) di 20 lokasi dengan jumlah 66 tapping box. Sementara dengan launching e-PBB tersebut dapat memudahkan wajib pajak dalam mengkases status PBB secara online melalui website : bapenda.semarangkota.go.id dan e-pbb.bapenda.semarangkota.go.id yang dapat di akses melalui rumah maupun dari smartphone.
Sementara dalam sambutannya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan bahwa di dalam membayar PBB di awal waktu ini dapat menular ke masyarakat yang lain, sehingga dapat mendorong semakin banyak wajib pajak yang membayar PBB lebih awal.

“setiap tahun target PBB naik, berbagai upaya untuk mencapai target juga terus kita lakukan, salah satunya dengan launching e-PBB di mana wajib pajak semakin mudah mengakses status PBB secara online. Dengan lebih awal membayar PBB, harapannya mampu mempercepat peningkatan PAD Kota Semarang yang nantinya kita pakai untuk membangun Kota Semarang”. katanya.
Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota  Semarang Hevearita G Rahayu langsung “menjajal” e-PBB untuk mengetahui status PBB nya dan langsung melakukan pembayaran PBB di loket yang di sediakan di Hall Balaikota Semarang sebagai ajakan kepada masyarakat agar taat membayar pajak.