• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Ribuan Pelajar Anak-anak TK, SD, MI, SMP, dan MTs Meriahkan Karnaval Dugderan di Simpang Lima

 24-05-2017 10:39 WIB    by Admin    Dilihat: 6579 kali Berita Kota
SEMARANG – Karnaval Dugderan 2017 sudah dimulai, Rabu (24/5). Acara dimulai sekitar pukul 06.00 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang. Peserta dari sekolah-sekolah di Semarang masih berdatangan untuk ikut memeriahkan acara ini.

Banyak kesenian daerah salah satunya Warak Ngendog ini mengandung arti filosofis mendalam. Dipercayai bentuk lurus itu menggambarkan citra warga Semarang yang terbuka lurus dan berbicara apa adanya. Tak ada perbedaan antara ungkapan hati dengan ungkapan lisanWarak Ngendog juga mewakili akulturasi budaya dari keragaman etnis yang ada di Kota Semarang.

Kata WARAK sendiri berasal dari bahasa arab “Wara’I” yang berarti suci. Dan Ngendog(bertelur) disimbolkan sebagai hasil pahala yang didapat seseorang setelah sebelumnya menjalani proses suci. Secara harfiah, Warak Ngendog bisa diartikan sebagai siapa saja yang menjaga kesucian di Bulan Ramadhan, kelak di akhir bulan akan mendapatkan pahala di Hari lebaran.

Rencananya, pawai ini nantinya akan berlangsung dari Simpang Lima menuju Pahlawan dan berakhir di Taman Menteri Supeno.