• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Malam, Wayang Kulit Hari Lahir Pancasila Siap Digelar

 30-05-2017 16:08 WIB    by Admin    Dilihat: 1250 kali Berita Kota
Memperingati hari lahir pancasila yang jatuh pada hari Kamis, 1 Juni 2017, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri akan menggelar wayang kulit bertajuk “Sirnaning Angkoro Murko” dengan dalang Ki Dwijo Kangko. Acara akan dihelat di Lapangan Simpang Lima Kamis (1/6) mulai pukul 21.00 WIB atau sesudah solat tarawih hingga 03.00 dini hari.
Pagelaran wayang kulit ini digelar selain  sebagai upaya memberikan hiburan rakyat sekaligus memperkuat dan meneguhkan ulang  nilai-nilai dasar Pancasila
yang diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan bahasa yang  mudah dipahami rakyat. Lakon “Sirnaning Angkoro Murko” bercerita tentang perjalanan Prabu Rama Wijaya yang mengemban tugas menjadi duta keadilan dan kebenaran, yaitu membasmi angkara murka agar dunia bisa aman, tentram dan damai.

Untuk itu, berangkatlah Prabu Rama ke negara Alengkauntuk menaklukkan Raja Alengka yang menjadi sumber angkara murka. Dalam rombongannya, Prabu Rama mengajak serta Kyai Semar untuk meminta bimbingan danpetuah agar bisa melaksanakan tugasnya dan para kera.
Akhirnya, Prabu Rama Wijayapun dapat melaksanakan tugas dengan sempurna dan tuntas dengan membunuh raja angkara yaitu Prabu Dasamuka, sang raja Alengka. Pagelaran wayang kulit ini gratis dan terbuka bagi masyarakat umum. Rencananya, pagelaranwayang juga akan dihadiri langsung oleh Mendagri Tjahyo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Walikota Hendrar Prihadi.Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang, Achyani mengatakan bahwa rencananya usaigelaran wayang kulit tersebut akan diselenggarakan sahur bersama Pak Mendagridengan warga masyarakat.

“Saya harap masyarakat Kota Semarang bisa hadir menyaksikan pagelaran wayang kulit ini dan disediakan hidangan makan sahur. Sehingga tentunya ini menjadi momentum yang istimewa di mana hari lahir Pancasila tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Insha Allah menjadi berkah bagi seluruh warga Kota Semarang”,jelas Achyani.

Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional ditetapkan berdasarkan keputusanPresiden No 24 Tahun 2016 sedangkan Pekan Pancasila berlangsung mulai tanggal29 sd tanggal 31 Mei 2017. Berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila, sesuai edaranMensesneg setiap kantor pemerintah wajib menggelar upacara bendera. PemkotSemarang pun menggelar upacara bendera Hari Lahir Pancasila dengan bertempat di
Halaman Balaikota Semarang pada Kamis mendatang.