• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Mereka di Balik Jalan Pantura Semarang yang Kering dari Banjir Rob

 28-06-2017 21:15 WIB    by Admin    Dilihat: 407 kali Berita Kota
Jalan Pantura Semarang pada Hari Lebaran sudah kering dan terbebas dari banjir rob. Air yang terbiasa menggenangi jalanan sudah tak terlihat lagi.

Pantauan Minggu (25/6/2017) malam sekitar pukul 22.00 WIB, tidak terlihat lagi genangan air di jalan nasional menuju Surabaya itu.
Jalanan pun masih terlihat ramai lancar. Tidak terlihat kemacetan dari jalur itu. Genangan air hanya terlihat sedikit di jalur itu karena imbas dari hujan di wilayah Kota Semarang.

Secara umum, jalur Pantura Semarang sudah kering dan aman untuk dilewati. Meski jalanan kering, para petugas penjaga rob terpantau masih berjaga di tenda-tenda di dekat pompa. Mereka standby jika sewaktu-waktu air pasang maupun air hujan membanjiri jalanan.

Salah satu penjaga pompa, Nuryanto mengatakan, tugas menjaga pompa dilakukan secara bergantian. Tiap hari, ada tiga shift pembagian tugas berjaga. Dalam tiap shift, ada tiga hingga empat personel yang bertugas menjaga.

"Ada empat petugas yang jaga, tapi satu gantian istirahat dan tidak boleh ditinggalkan. Pompa harus siap, personel harus siap, dan listrik juga harus nyala," kata dia.

Nuryanto bersama teman-temannya sudah tiga tahun belakang menjaga pompa di Jalan Kaligawe Semarang. Ia bertugas menjaga pompa dan menyedot air jika banjir rob melanda wilayah itu.

"Sudah tiga tahun di sini, jaga pompa di sini," ucapnya.