• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

“CONNECTING PEOPLE TO NATURE”, TEMA HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TINGKAT KOTA SEMARANG TAHUN 2017

 25-07-2017 10:58 WIB    by Admin    Dilihat: 857 kali Berita Kota
Semarang – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Semarang  Tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar beberapa kegiatan, seperti seminar, lomba dan pameran. Dengan Tema Connecting People to Nature atau Menyatu Dengan Alam, kegiatan  puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kota Semarang tahun 2017 tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Semarang Agustin Lusin Dwimawati di Hall Balaikota, Selasa (25/07) .

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa Kepala OPD Kota Semarang, Kelompok Masyarakat Pecinta Lingkungan, Perwakilan dari Perguruan Tinggi serta para peserta seminar dan lomba.
 
Gunawan Saptogiri selaku Kepala DLH Kota Semarang melaporkan bahwa rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup ini telah dimulai dari Bulan April dengan kegiatan lomba Karya Tulis Ilmiah Lingkungan Hidup untuk pelajar SMA dan sederajat yang diikuti sebanyak 26 peserta SMA dan SMK di Kota Semarang. Selain itu ada Kegiatan  Lomba Kelurahan Ramah Lingkungan yang diikuti 16 kelurahan perwakilan dari kecamatan di Kota Semarang. Sementara di hari Senin tanggal 24 Juli 2017 diadakan pula dilakukan Training of Facilitator Program Semarang Green and Clean 2017.

“Sesuai dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yaitu Connecting People to Nature atau Menyatu Dengan Alam, maka kegiatan dalam puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kota Semarang tahun 2017 ini mengupayakan tumbuhnya kesadaran dari seluruh masyarakat terutama melalui pendidikan sejak dini untuk melakukan pengelolaan lingkungan demi terjaganya lingkungan kita” , kata Gunawan.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Semarang Agustin Lusin Dwimawati dalam membacakan sambutan Wali Kota yang berhalangan hadir mengatakan bahwa tema ”Connecting People to Nature” atau kurang lebih artinya Menyatu dengan Alam tersebut, maknanya begitu dalam, dimana semua diajak untuk hadir bersama alam dan menghargai pentingnya sebuah harmonisasi antara manusia dengan alam serta memperlakukan alam dengan baik. Begitu pula dengan kota Semarang yang memiliki topografi alam yang terbilang komplit, ada laut, pantai, dataran tinggi dan dataran rendah. Ini semua merupakan kekayaan yang harus terus kita rawat dan pelihara.

Dengan adanya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini   Lusin juga mengajak masyarakat untuk selalu melestarikan alam.

Sekali lagi, mari peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini kita jadikan sebagai sebuah komitmen untuk menyadarkan kita semua supaya terus menjaga kelestarian alam demi kehidupan masyarakat yang lebih baik”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Lusin juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Kelurahan Ramah Lingkungan Tingkat Kota Semarang Tahun 2017. Untuk Juara I adalah Kelurahan Sendangmulyo, Juara II Kelurahan Karangroto, Juara III Keluarahan Mangunsari, Juara Harapan I Kelurahan Kuningan, Juara Harapan II Kelurahan Kalibanteng Kidul dan Juara Harapan III Kelurahan Sumurboto.

Untuk Pemenang Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA, Juara I diraih oleh SMA Islam Sultan Agung 3, Juara II SMA Negeri 3 Semarang, Juara III SMA Negeri 4 Semarang. Sementara di tingkat SMK, Juara I diraih oleh SMK YPP, Juara II diraih SMK Yayasan Pharmasi, dan Juara III diraih oleh SMK Yayasan Pharmasi.