• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

NASKAH SAMBUTAN UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-72

 16-08-2017 11:12 WIB    by Admin    Dilihat: 2413 kali Berita Kota
      






WALIKOTA SEMARANG
 
 
SAMBUTAN
PADA UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN KE-72 REPUBLIK INDONESIA TINGKAT KOTA SEMARANG
KAMIS, 17 AGUSTUS 2017
 
Assalamu`alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi. Sugeng enjang. Salam damai, salam sejahtera buat kita semuanya.
 
Sedulur-sedulur warga Kota Semarang dan hadirin peserta upacara yang selalu Saya cintai dan Saya banggakan.
 
Dalam suasana khidmat ini, terlebih dahulu marilah kita pekikkan 3 kali salam kemerdekaan agar semangatnasionalisme dan patriotisme di dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan terus terpatri dalam jiwa dan sanubari, sekaligusmenjadi kekuatan positif dalam mewujudkan Negara Indonesia dan khususnya Kota Semarang menjadi semakin hebat.
 
MERDEKA...!! MERDEKA...!! MERDEKA...!!
 
Teriring puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah hari ini, Kamis 17 Agustus 2017 kita seluruh bangsa Indonesia, tidak terkecuali warga Kota Semarang dalam suasana penuh kebersamaan dapat melaksanakan upacaraperingatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-72Republik Indonesia. Hari keramat dan bersejarahyang tercatat sebagai titik puncakperjuangan the founding fathers, para pendiri dan pahlawan bangsa yang dalam keterbatasan dan berkat ridho Allah SWT berhasil memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia sebagai titik awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan diakuinya kedaulatan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.
 
Sebagai wujud penghormatan, mari pada momentum yang sangat bersejarah dan istimewa ini, kita tundukkan kepala dan hati kita seraya memanjatkan doa bagi para pahlawan pejuang bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi satu tujuan mulia, yaitu kemerdekaan Negara Indonesia. Renungkan bahwa kita tidak akan berdiri di sini dan menghirup udara kebebasan seperti saat ini tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Untuk kemudian, kita evaluasike dalam diri kita dan lakukan introspeksi sejauh mana kita telah melakukan yang terbaik demi kemajuan Negara kita tercinta dan juga Kota Semarang pada khususnya.
 
Memaknai hari kemerdekaan bukan hanya sebatas upacara seremonial semata. Kemerdekaan bukan hanya persoalan menghitung usia fisik Negara saja, namun, hakikat dari setiap kita memperingati kemerdekaan adalah bagaimana sekarang dan seterusnya kita mewarisi dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa sesuai tugas dan kedudukan kita masing-masing.
 
Bapak, Ibu, hadirin peserta upacara yang selalu Saya cintai dan Saya banggakan,
           Tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tahun ini adalah “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama”. Tema yang membuka pikiran dan menyadarkan kita semua bahwa kemerdekaan, kemajuan dan keberhasilan tidak bisa diraih secara instan.
 
Hanya dengan kerja bersama atau gotong royong, berbagai persoalan dapat dipecahkan. Hanya dengan kerja bersama, cita-cita bisa direalisasikan. Sejarah juga telah membuktikan bahwa kemerdekaan yang kita raih bukan merupakan hasil kerja parsial, melainkan hasil kerja bersama dan kerja keras seluruh bangsa Indonesia. Semangat kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat pulalah yang membawa Kota Semarang memperlihatkan kemajuan demi kemajuan positif. Kota Semarang masuk dalam jajaran empat kota teratas di Indonesia yang paling menarik di bidang investasi, di mana nilai investasi selama kurun waktu lima tahun terakhir terus menunjukkan peningkatan. Tahun 2011 sebesar 997 Milyar meningkat menjadi 10,5 trilyun di tahun 2016. Kemudian, penanggulangan rob dan banjir perlahan mulai menunjukkan hasilnya. Beberapa wilayah di antaranya Trimulyo, Genuk dan Kuningan, Semarang Utara kini mulai terbebas dari rob dan banjir.
 
Pun demikian dengan pembangunan infrastruktur seperti revitalisasi kawasan Kota Lama yang semakin cantik, baik dari segi bangunan maupun pedestrian, sehingga menjadikannya magnet baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang, salah satunya yang baru saja kita resmikan adalah Galeri UMKM Kota Semarang. Kemudian, pedestrian dan trotoar yang dulu rusak kini menjadi tertata dan menarik, seperti di Jalan Diponegoro, Imam Bonjol, Jalan Letjen Suprapto, Kota Lama. Ruang terbuka hijau, seperti Taman Pandanaran yang dulu merupakan SPBU, juga Taman RA Kartini yang dulu penuh dengan PKL, revitalisasi pasar rakyat, antara lain pasar Kembang Kalisari dan pasar Peterongan. Tidak berhenti di situ, percepatan pembangunan infrastruktur fisik telah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, misalnya Jalan Jolotundo dan Jalan Sambiroto Raya. Juga terobosan inovatif berupa program Kampung Tematik yang menyulap kampung kumuh menjadi lebih instagrammable, elok dan cantik, sebut saja Kampung Pelangi di Wonosari, Kampung Jawi, Kampung Ramah Anak, Kampung Batik, dan Kampung Bandeng.
 
Inovasi di bidang peningkatan pelayanan publik juga terus kita lakukan, antara lain program Kredit Wibawa (Wirausaha Bangkit Jadi Jawara) yang menawarkan kredit paling murah se-Indonesia yaitu 3 % per tahun atau 0,25 % per bulan, Kartu Semarang Hebat, satu kartu dengan multifungsi yang menjadikan transaksi ekonomi masyarakat lebih praktis, aman, otomatis tercatat sehingga sirkulasi ekonomi meningkat dan ambulance hebat si cepat, gratis 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan serta yang terakhir adalah penataan birokrasi guna mencegah terjadinya pungli dan korupsi sehingga membawa Kota Semarang melesat dalam hal Indeks Persepsi Korupsi yang sebelumnya di tahun 2010 berada pada peringkat 25, kini naik di peringkat 3 se-Indonesia.
           
            Kerja keras dan kerja bersama yang kita lakukan, Alhamdulillah berbuah manis dengan diraihnya Piala Adipura selama enam tahun berturut-turut, penghargaan Upakarti, penghargaan kota Layak Anak, Wahana Tata Nugraha, dan puluhan penghargaan lain termasuk penghargaan dari Kementerian PAN dan RB di mana Kota Semarang meraih poin tertinggi se-Indonesia dalam evaluasi pelayanan publik. Namun, apa yang kita torehkan bersama ini tentu belum seberapa jika dibanding dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan pendahulu. Karenanya, mari langkah positif yang sudah kita lakukan bersama ini agar terus kita lanjutkan. Sepanjang kita mau berkorban untuk Indonesia dan khususnya kota Semarang, tentu asa dan cita-cita terwujudnya Semarang Hebat akan dapat kita realisasikan.
 
Akhirnya, melalui momentum yang berbahagia ini, sekali lagi Saya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para sesepuh, pinisepuh, veteran pejuang khususnya yang ada di Kota Semarang. Terima kasih juga Saya tujukan kepada segenap lapisan masyarakat, kawan-kawan Muspida, DPRD, rekan-rekan pers, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, organisasi wanita, KNPI, organisasi pemuda serta kalangan dunia usaha yang sesuai peran dan kedudukannya tidak pernah berhenti mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dalam rangka melanjutkan perjuangan para pahlawan.
 
 
 
Kepada sedulur-sedulur seluruh warga Kota Semarang, tidak lupa pula Saya ucapkan terima kasih atas kesengkuyungan dan kebersamaan di dalam ikut menyemarakkan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Semangat kebersamaan, nasionalisme dan patriotisme jangan berhenti sampai di sini. Perjuangan belum berakhir karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita tuntaskan. Butuh banyak tangan untuk bekerja bersama.
 
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72
 
Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat dan upaya kita bersama mewujudkan cita-cita Indonesia dan Semarang yang semakin hebat.