• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Hendi : "Tanpa Pancasila, Kreatifitas Tak Bisa Diimplementasi"

 20-08-2017 13:11 WIB    by Admin    Dilihat: 358 kali Berita Kota
" Tahun 1964, Bung Karno mengatakan bahwa Pancasila adalah dasar yang dapat benar-benar menghimpun segenap tenaga rakyat Indonesia, maka bila hari ini kita bicara tentang kreatifitas tanpa berlandaskan pancasila, maka kreatifitas hanya akan berada pada tataran ide tanpa implementasi", tegas Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, di Balai Kartini, Jakarta (14/8).
 
Ketegasan Walikota Semarang tersebut diungkapkannya saat memberikan paparan dengan tajuk "Develop The City With Creativity" pada  Simposium Nasional yang diselenggarakan oleh Taruna Merah Putih.
 
Dalam simposium yang mengangkat tema "Bangkit Bergerak, Pemuda Indonesia Majukan Bangsa" tersebut, sejumlah tokoh nasional hadir sebagai pembicara dihadapan ribuam peserta. Selain Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, pembicara lainnya adalah Gatot Nurmantyo (Panglima TNI), Yenny Wahid, Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Tito Karnavian (Kapolri), dan Rosan P. Roeslani (Ketua Umum Kadin), serta Erick Thohir.
 
Dalam paparannya Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi tersebut mencontohkan, Kota Semarang dulu selalu tertinggal dengan kota-kota besar lainnya karena APBD nya selalu lebih kecil, sehingga ide-ide kreatif pembangunan kota tidak berkembang, karena terbentur anggaran. "Namum sekarang dengan berpegang pada idiologi Pancasila, yang ide-ide kreatif tersebut dapat dikerjakan dengan Gotong Royong'", jelas Walikota Hendi. 
 
"Contohnya pada inisiasi Kampung Tematik di Kota Semarang, sebagian sebenarnya sudah ada dari dulu seperti Kampung Batik, Kampung Senin, atau Kampung Bandeng, tapi karena tidak bergotong royong dihidupkan, sehingga tidak berkembang", lanjut pria yang dinobatkan sebagai Walikota Terbaik Dunia dalam ajang Socrates Award di Italia tahun 2014 ini.
 
Maka dari itu, dalam kesempatan tersebut Walikota Hendi juga sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama, bergotong royong, memegang teguh Pancasila dalam membangun daerah masing-masing, untuk mewujudkan Indonesia Hebat.