• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

BalaiKota Semarang Peringati Hari Kesaktian Pancasila

 02-10-2017 09:28 WIB    by Admin    Dilihat: 435 kali Berita Kota
Hari Kesaktian Pancasila lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S).Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila, sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi negara yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Hari Kesaktian Pancasila yang tahun ini jatuh tepat di hari  Minggu ini   tetap diperingati oleh Pemerintah Kota Semarang  dengan menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang rutin diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Oktober oleh seluruh Bangsa Indonesia.

Upacara  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Semarang , Minggu (1/10) berlangsung di Halaman Balaikota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi  yang mengenakan Jas berwarna hitam itu  menjadi inspektur upacara. Upacara berlangsung lancar dan khidmat.

Turut Hadir dalam upacara tersebut Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Forkopimda Kota Semarang serta tamu undangan yang lain.
Upacara yang diikuti oleh peserta dari berbagai instansi pemerintah dan elemen masyarakat di Kota Semarang . Dalam pelaksanaannya Upacara peringatan Hari Pancasila dengan tema “Kerja Bersama berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dalam rangka mengenang jasa para pahlawan

Pembacaan teks Pancasila dibacakan oleh Wali Kota Semarang dan diikuti oleh seluruh peserta upacara, sedangkan  Ikrar  Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi.

Sudah sepantasnya menyerukan kepada seluruh masyarakat agar bisa memaknai kembali hari Kesaktian Pancasila sebagai wahana untuk mewarnai kehidupan, dengan nilai-nilai luhur Pancasila dengan membiasakan diri melakukan kebaikan-kebaikan dan dengan hidup yang positif.

Usai upacara Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota selanjutnya menyalami satu persatu pejabat yang hadir  di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.