• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

KPU Kota Semarang Gelar Gerakan Sadar Pemilu dan Pilkada

 29-10-2017 19:07 WIB    by Admin    Dilihat: 496 kali Berita Kota
Semarang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota  Semarang  menggelar Gerak jalan santai Sadar Pemilu dan Pilkada y, Minggu pagi, 29 Oktober 2017, dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.Yang turut hadir tersebut Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto,Komisioner KPU dan OPD –OPD Kota Semarang.
 
“Kegiatan ini disebut Gerakan Sadar Pilkada dan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, yang akan menggelar Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah  2018 ,” kata ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono.
 
 
ada 171 daerah yang akan mengikuti Pilkada Serentak, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten Sehingga mengingat penting Pilgub Jateng bagi Kota Semarang, ‘Gerakan Sadar Pilkada’ merupakan hal yang harus dikampanyekan secara masif di Kota Semarang.
Tercatat bahwa tingkat partisipasi masyarakat Kota Semarang pada : 
 
- pilgub Jateng 2013 = 61,5 % pemilih
- pilgub Jateng 2008 = 62,74% pemilih
 
Padahal kalau melihat dari jumlah masyarakat Kota Semarang yang menggunakan hak pilihnya ada peningkatan :
 
- pilgub Jateng 2013 = 691.709 pemilih
- pilgub Jateng 2008 = 681.730 pemilih
 
Perlu dicatat bahwa pada 2 gelaran Pemilihan Walikota tahun 2010 dan 2015, Kota Semarang mencatatkan tren positif peningkatan partisipasi masyarakat dalam pilkada.
- Pilwalkot 2015 = 65,97% pemilih
- Pilwalkot 2010 = 60,02% pemilih
 
Sehingga hal inilah yang menjadi modal optimisme Kota Semarang dalam menyongsong Pilgub Jateng 2018 mendatang, apalagi dengan adanya ‘Gerakan Sadar Pilkada’ ini.ujar Adi membacakan sambutan Wali Kota Semarang.
 
“Kenapa sih aku kudu nyoblos ? nyatane wes ganti gubernur 3 kali juga jalan di depan rumahku masih jelek kok”.
 
“Memang suaraku iki penting ya ? wong gubernur gonta ganti wae aku berobat jek larang kok”, dan seterusnya.
 
Pertanyaan-pertanyaan yang sifatny rasional inilah yang harus kita jawab bersama, agar pemilih tergugah untuk menyalurkan hak suaranya.
 
“KPU Kota Semarang juga dapat mempertimbangkan pendekatan rasional dalam mengajak pemilih dateng ke TPS”, harapan Adi.
“Semoga Gerakan Sadar Pilkada Serentak 2018’ ini dapat berdampak positif dalam upaya pencapaian target partisipasi Pilgub Jateng sebesar 77%”, tambanya.
 
Dalam kesempatan tersebut Adi Tri Hananto selaku Sekda Kota Semarang membuka simbolis dengan pengibaran bendera  Gerak jalan santai Sadar Pemilu yang dimulai dari Balaikota Semarang-jl.Pemuda-jl.Mh.Thamrin-jl.Pandanaran-jl.Pemuda.Gerak jalan santai Sadar Pemilu ini juga menyiapkan sejumlah hadiah doorprize untuk peserta jalan santai.