• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

“Pengalihan Jalan Satu Arah” Tema Dialog Interaktif Semarang Cakra TV

 14-11-2017 18:35 WIB    by Admin    Dilihat: 323 kali Berita Kota
Semarang – Jumlah Kendaraan bermotor yang setiap tahun meningkat dan pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak seimbang serta pertumbuhan tata guna lahan di Kota Semarang pada jalan utama juga semakin pesat menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Semarang.

Untuk itu Diskominfo Kota Semarang menyelenggarakan Dialog Interaktif di Cakra Semarang TV dengan Tema “Pengalihan Jalan Satu Arah”, Selasa (14/11). Dialog untuk berinteraksi dan mengakomodir aspirasi masyarakat tersebut mengahdirkan beberapa narasumber yaitu Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Kota Semarang Wakasatlantas Kompol Sumiarta dan Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang Kusnandir.

Dalam kesempatan tersebut Wakasatlantas Kompol Sumiarta mengatakan bahwa salah satu penyebab kemacetan di Kota Semarang adalah pertumbuhan kendaraan bermotor yang semakin pesat. Untuk mengurai kemacetan tersebut diberlakukanlah sistem satu arah yang mempunyai manfaat besar.

“Sistem satu arah mempunyai beberapa manfaat, yaitu kapasitas jalan bertambah sehinga mengurangi kemacetan, traffic light akan lebih maksimal dikarenakan mengalami bertambahnya waktu hijau, mengurangi hambatan penyebab kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta mempersingkat waktu perjalanan para pengguna jalan”, terangnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perhubungan Kusnandir mengatakan bahwa dari evaluasi penerapan Sistem Satu Arah (SSA) tahap satu yang telah dilaksanakan per tanggal 5 Januari 2017 telah ditemukan beberapa keuntungan, salah satunya tingkat kecelakaan menurun.

“Beberapa ruas jalan yang diubah menjadi satu arah mengalami peningkatan kinerja jalan, karena disebabkan kapasitas jalan meningkat, selain itu waktu perjalanan jadi singkat dan memudahkan pengaturan parkir di badan jalan”, katanya.

Namun Kusnandir juga tidak menampik adanya beberapa kelemahan diantaranya jarak perjalanan yang lebih panjang dan jalan penghubung antara ruas satu arah mengalami kepadatan.