• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Berbincang Semarang Kreatif Galeri di Trijaya FM

 24-11-2017 13:12 WIB    by Admin    Dilihat: 339 kali Berita Kota
Semarang –  Semarang Kreatif Galeri mulai  diresmikan sejak  1 Agustus 2017, sebagai  salah satu komitmen dukungan pemerintah kota Semarang terhadap UMKM di Semarang.  Sebagai satu spot baru yang bisa mewakili keunikan kota Semarang tentu perlu publikasi dan sosialisasi lebih luas kepada masyarakat. Pada Kamis (23/11) Radio Trijaya FM menghadirkan Sodik dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang untuk berbincang seputar Semarang Kreatif Galeri.

Sodik menjelaskan bahwa Semarang Kreatif Galeri  mengambil lokasi di kota lama sebagai satu bentuk revitaliasai bangunan-bangunan yang mangkrak untuk dikelola area publiknya sekaligus ruangan yang ada menjadi display bagi produk-produk kreatif UMKM Semarang. Berbicara tentang UMKM Sodik memaparkan tentang program Jusmelon (Ijin Usaha Melalui Online) yang berhasil meregistrasi pengusaha mikro sejumlah  10565 dengan data yang valid meliputi pemiliknya, kontak, hingga asset dan omset usahanya.
Sementara ini kita memang memfasilitasi yang sudah terdaftar dulu,” lanjut Sodik.

Lebih jauh Sodik mengatakan jika saat ini di Galeri Kreatif Semarang sudah ada sekitar 600an jenis produk setelah diseleksi atau dikurasi. Pada sesi tanja jawab, Sodik menjelaskan tentang mudahnya prosedur mendaftarkan ijin usaha dan setelah terdaftar bisa dengan mudah mengkases fasilitas-fasiltas yang sudah disediakan seperti pelatihan, pameran hingga kredit yang bunganya cuku murah 3 % per tahun (kredit wibawa). Dari beberapa penelpon terlihat respon yang sangat antusias terhadap Semarang Kreatif Galeri, baik dari produknya mau pun spot area publiknya yang bisa diakses masyarakat umum.

Semarang Kreatif Galeri di kota lama ini memang khusus untuk produk-produk premium, dari sisi kualitas barangnya bagus, walau agak mahal tapi kualitasnya bagus, target marketnya tentu wisatawan asing, atau orang-orang dari luar kota Semarang,“ jelas Sodik.

Selain bisa diakses di lokasi, Semarang Kreatif Galeri juga bisa diakses secara online di semarangkreatifgaleri.com yang juga berfungsi sebagai toko online, jadi masyarakat luas bisa melihat dan membeli produk yang didisplay.
Mari kita majukan produk-produk kreatif UMKM kota Semarang, dan membeli hasil-hasil produk UMKM Kota Semarang,” demikian himbauan Sodik menutup sesi bincang-bingcang Semarang Kreatif Galeri.