• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Mbak Ita : Ayo Jadi Pengusaha Yang Kuat

 26-11-2017 16:11 WIB    by Admin    Dilihat: 322 kali Berita Kota
Semarang  - Jumat (24/11) bertempat di Atrium Java Mall, Semarang  Plh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti hadir membuka acara Nusantara Craft & Fashion Expo 2017.  Acara ini adalah sebagai bentuk fasilitasi pemerintah dalam mengembangkan UMKM dalam bidang pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk khas daerah dari seluruh wilayah Nusantara.

Kegiatan ini meliputi 70 stand yang diikuti dari berbagai daerah sementara 50 stand diantaranya sudah diisi oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Tengah di area expo menyediakan jasa konsultasi gratis bagi seluruh UMKM. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 24 – 27 Novermber 2017 mulai jam 10.00 – 21.00.

Pada kesempatan ini  sebagai peserta UMKM terbanyak, Gubernur Jawa Timur memberikan sambutan yang diwakili oleh Kabag Analisa Makro Eknomi, Sarek, Perdagangan dan Promosi Jawa Timur, Imam Hidayat.

“Daya beli masyarakat sekarang ini agak turun, salah satu langkah kami adalah mempromosikan produk-produk yang sudah dihasilkan oleh UMKM yang kita miliki, maka pameran ini adalah salah satu bentuk dukungan kita,” kata Imam Hidayat dalam sambutannya mewakili Gubernur Jawa Timur.

Imam juga menyinggung perlunya sinergi antar provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesa untuk bersama mendorong dan mengembangkan potensi UMKM. Hal ini untuk bisa tumbuh bersama dan berkembang bersama untuk kesejahteraan bersama.

Dalam sambutannya Mbak Ita sebagai Plh Walikota Semarang sangat mendukung adanya sinergitas antar daerah dalam konteks pengembangan UMKM.

“Karena dalam kondisi resesi ekonomi ini yang paling kuat adalah pengusaha-pengusaha UMKM,” sambung Mbak Ita.

Mbak Ita menambahkan bahwa di Kota Semarang ada program kredit Wibawa yang dikhusukan untuk mendukung para pengusaha UMKM, kredit dengan bunga yang rendah 3 % per tahun. Program ini diharapkan menjadi salah satu penyangga tumbuhnya UMKM. Di akhir sambutannya Mbak Ita tidak lupa mengingatkan para pengusaha UMKM agar lebih tanggap dan mengerti pajak sehingga menghindari tunggakan pajak hanya karena ketidakpahaman para pengusaha UMKM.