• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Hari Bakti PU, Kelola Sampah Dengan 3R

 27-11-2017 16:07 WIB    by Admin    Dilihat: 423 kali Berita Kota
Semarang – Hari senin (27/11), bertepatan dengan Hari Bakti PU ke-72 diselenggarakan kegiatan dengan tema penanganan sampah dan penghijauan. Salah satu wujud nyatanya adalah melalui peresmian TPS 3R yang berlokasi di Kelurahan Pedurungan Lor Kota Semarang. Pada kesempatan ini Walikota Semarang, Hendar Prihadi hadir meresmikan TPS 3R dan sekaligus diikuti dengan penandatanganan Prasasti. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang sanitasi dan kebersihan dengan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau mengurangi, menggunakan dan mendaur ulang sampah.

Pada acara kali ini juga dibacakan sambutan dari mentri PUPR yang dibacakan oleh kepala BBWS Permali Juana, Ruhban Ruziyatno. “Kegiatan ini dilakukan serentak di 34 provinsi dengan tema perlindungan dan optimalisasi fungsi setu, danau, embung, waduk dan sumber permukaan lainnya,” kata Ruhban Ruziyatno membacakan sambutan mentri PUPR.

Dalam sambutan yang dibacakan Ruhban Ruzuyatno, mentri PUPR  menyinggung tentang salah satu penyebab terjadinya bencana alam banjir adalah penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi dan pendangkalan serta hilangnya sumber-sumber mata air. Isu penting seperti sampah, penghijauan serta upaya perlindangan dan optimalisasi fungsi air sangat penting agar air yang melimpah tidak menjadi bencana. “Mari kita dukung gerakan menanam pohon serta pemeliharaan pasca penanaman untuk kehidupan dan lingkungan yang lebih berkualitas semoga upaya ini memberikan manfaat dalam peningkatan penyelenggaraan kegiatan pengelolaan sumber daya air dalam mendukung program ketahanan air dan kedaulatan pangan untuk menuju Indonesia yang lebih sejahtera,” demikan Ruhban menutup pembacaan sambutan mentri PUPR.

Sementara itu Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengapresiasi positif langkah-langkah PUPR di kota Semarang, komitmen pemerintah pusat, provinsi dan kota untuk mentuntaskan persoalan-persoalan PU dan banjir di Semarang. “Insya Allah dua tahun lagi Semarang bebas dari banjir,” kata Hendi penuh harapan.

Hendi menghimbau agar seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah mempunyai komitmen menjadikan Semarang lebih baik dan lebih hebat.

Dalam wawancara terpisah Hendi menanggapi lebih detail tentang pengelolaan sampah berkaitan dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). “Kontrak kita dengan perusahaan yang ada di Semarang untuk mengolah sampah menjadi komposting itu 400 ton kemudian sisanya kita jadikan gas methan sehingga masih ada sisa hampir 500 kubik yang belum diolah apa pun diharapkan dengan program insenerator tadi mampu di nol kan,” imbuh Hendi menanggapi sampah di Semarang.