• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Pertunjukan Rakyat Perkokoh Kesatuan Membangun Negeri, Anak Muda Anti Hoax

 30-11-2017 16:24 WIB    by Admin    Dilihat: 365 kali Berita Kota
Semarang -  Rabu (29/11) malam, Kementrian  kominfo menggelar acara di Kota  Semarang  sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka mempererat persatuan bangsa. Acara yang bertajuk Pertunjukan Rakyat Perkokoh Kesatuan Membangun Negeri ini digelar di halaman Balaikota Semarang, menampilkan dialog dan hiburan gratis untuk masyarakat Kota Semarang.

Menurut Direktur Dirjen IKP Kemkominfo,  Sunaryo rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda sekarang ini sudah mulai terkikis apalagi kenajuan teknologi sering digunakan untuk hal-hal yang bisa memecah belah bangsa. “Kami memprogramkan dalam wawasan kebangsaan ini berkeliling ke kampus-kampus, kami juga menggandeng PWI , serta pesantren khusus dalam menghadapi berita-berita bohong,” tambah Sunaryo.

Lebih lanjut Sunaryo menegaskan dengan kegiatan ini menjelang pilkada serentak tahun depan tidak ada masalah yang mengkhawatirkan khususnya mengatasi media-media sosial  yang menyebar konten-konten negatif. “Media sosial ini digunakan untuk ujaran-ujaran kebencian, kemudian untuk menghujat,” lanjut Sunaryo.

Sunaryo juga menjelaskan tentang program literasi media, bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak. “Jika mendapatkan berita di media sosial yang tidak jelas kebenarannya itu tidak usah dishare,” imbuh Sunaryo.

“jika konten yang kita share ada ujaran kebencian tentu ada sangsi hukumnya dari UU ITE,” kata Sunaryo.

Sekali lagi Sunaryo menekankan tentang  pentingnya literasi media yang mengedukasi anak-anak muda dan pelajar untuk lebih punya kemampuan menyaring informasi dan membuat konten-konten yang positif di media sosial, sehingga mereka bisa menjadi agen penyebar virus-virus positif.

Sementara itu acara hiburan untuk masyarakat kota Semarang menampilikan Serempet Gudal dan NDX AKA, dua grup musik yang sedang disukai di kalangan anak muda.