• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Diskominfo : Pemerintah Kota Semarang Gandeng Udinus Wujudkan Smart City

 20-12-2017 13:11 WIB    by Admin    Dilihat: 499 kali Berita Kota

Di beberapa kota , kemajuan teknologi informasi itu diadaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (smart city).

 

Konsep kota pintar  di kota Semarang diyakini bisa menjadi solusi atas persoalan pembangunan di Kota Semarang. Kota pintar di desain untuk mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya, sebagai akibat penataan dan pengelolaan kota yang dilakukan dengan memafaatkan teknologi informasi dan digital secara optimal di semua aspek.

 

Mulai dari sistem pengelolaan dan pemanfaatan energi, pengaturan tata ruang, pembangunan gedung, pengendalian kualitas lingkungan, sistem transportasi, hingga transaksi keuangan dan pembayaran, serta pelayanan publik. Singkatnya, kota dikembangkan menjadi mesin ekonomi dan produktivitas yang pada akhirnya menjadikan masyarakatnya sehat, produktif dan sejahktera.

 

Oleh karena itu, rabu (20/11) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Semarang mengadakan Sosialisasi Smart City, di gedung E lt.3 Universitas Dian Nuswantoro.

 

Pemerintah Kota Semarang dalam membangun Kota Smart City  sudah sang pesat perkembangannya dengan pelayanan publik yang baik dari pembayaran bus trans dengan T-Cash, Pogram UHC, Ambulance Hebat, Ambulance Siaga dan dengan sistem Lapor.go.id, tutur Pak Nana sapan akrab  kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Semarang dalam paparanya.

 

“Saya harapkan teman-teman mahasiswa-mahasiswi Udinus mau ikut berperan aktif dalam membangun kota semarang.Karena Pemerintah Kota Semarang sudah menyediakan saranan dn prasara gratis seperti PIP dan SDK yang fasilitas bisa menunjang teman-teman semua untuk berkreasi dalam bidang mengembangankan tehnologi di Kota Semarang”, ungkapnya.

 

Pak Nana juga menambahkan untuk mahasiswa-mahasiswi Udinus untuk bisa memberikan ide,gagasan atau sebuah program yang menunjang program Smart City yang dapat diajukan ke Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Semarang yang akan diberikan apresiasi tersendiri.