• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Mbak Ita : Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya

 22-12-2017 15:19 WIB    by Admin    Dilihat: 210 kali Berita Kota
Semarang – Jum’at (22/12) pagi di halaman Balaikota Semarang diselenggarakan upacara Peringatan Harin Ibu ke- 89 Tingkat Kota Semarang. Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti berlaku sebagai pemimpin upacara membacakan sambutan dari mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise. Upacara diikuti jajaran pemerintah kota Semarang beserta beberapa pihak terkait.

Dalam sambutan yang dibacakan Hevearita Gunaryanti, mentri Yohana Yembise menekankan arti penting Peringatan Hari Ibu yaitu upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk Bersama- sama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Tema peringatan kali ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” yang diterjemahkan dalam sub tema yaitu Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan. Kemudian juga Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).

Mentri Yohana Yembise juga menyorot maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti: kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pornografi, Infeksi Menular Seksual dan HIV/AIDS, narkoba, kriminalitas, karena lemahnya pondasi ketahanan keluarga, maka perlunya memperkuat nilai-nilai positif dalam keluarga.

Dalam akhir sambutan yang dibacakan mbak Ita, mentri Yohana Yembise mengajak perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Pada Kesempatan terpisah mbak Ita memberikan apresiasi terhadap jajaran Polwan yang ikut serta memberi warna berbeda pada upacara Peringatan Hari Ibu. Lebih lanjut mbak Ita berpesan bahwa peran perempuan di Kota Semarang sangat luar biasa sehingga bisa melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan laki-laki tetapi bukan untuk bersaing, perempuan sebagai istri dan ibu rumah tangga tetap mensupport kaum laki-laki. “Kita juga bisa berbagi pekerjaan dengan rekan-rekn pria yang lain”, tegas mbak Ita.