• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Satu Juta Tenaga Kerja Telah Terserap Perusahan-Perusahaan Eropa Di Jawa Tengah

 25-01-2018 15:16 WIB    by Admin    Dilihat: 308 kali Berita Kota
Semarang – Sebagai salah satu rangkaian kunjungan Delegasi Uni Eropa di kota Semarang, pada Rabu (24/1) malam dilangsungkan acara jamuan makan malam  yang diselenggarakan di Ballroom Lantai 7 Crowne Plaza Hotel, Jl. Pemuda No. 118 Semarang. Acara dihadiri segenap rombongan Delegasi Uni Eropa, Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan beberapa pejabat dan instansi terkait, serta Kukrit Suryo Wicaksono,  ketua KADIN – Jawa Tengah.

Pada kesampatan ini, pimpinan Delegasi, HE Vincent Guerend menyambut seluruh undangan jamuan dan menekankan betapa pentingnya hubungan kerjasama yang sudah terjalin antara Uni Eropa dengan Semarang yang merupakan salah satu kota terpilih dari 12 kota-kota di dunia melalui program World Cities. Vincent juga menyatakan kekagumannya setelah berkunjung ke Kampung Pelangi yang merupakan hasil insiatif Walikota dan juga kerjasama dengan kota Zagreb. Di akhir sambutannya Vincent Guerend mengungkapkan rasa terima kasih atas kerjasama dan sambutan Walikota terhadap seluruh delegasi Uni Eropa.

Ketua KADIN Jawah Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono memberikan beberapa pandangan perspektif dunia usaha yang ada di Jawa Tengah kepada seluruh Delegasi Uni Eropa. Kukrit menyebutkan jika Jawa Tengah adalah pusat industri tembakau, printing, Herbal, karoseri mobil dan garmen. Melalui Kadin Jawa Tengah, terjalin kerjasama selama 18 tahun dengan Kadin Jerman yang telah menghasilkan banyak kerjasama dan dukungan kualitas organisasi sehingga Kadin Jawa Tengah terpilih menjadi Kadin terbaik di Indonesia. Berbagai macam pencapaian Kadin Jawa Tengah dipaparkan oleh Kukrit dengan harapan di masa depan terjalin kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara di Eropa.

Walikota Hendrar Prihadi menilai pentingnya hubungan kerjasama yang bisa terjalin dengan negara-negara Eropa, mengingat sampai saat ini perusahaan-perusahaan Eropa yang berada di Jawa Tengah mampu menyerap hingga satu juta tenaga kerja. Walikota menyebutkan jika percepatan pembangunan di kota Semarang, tidak hanya mengandalkan anggaran pemerintah saja tetapi pihak-pihak swasta juga memberikan kontribusi penting bagi kemajuan kota Semarang.

Sekali lagi Walikota menekankan dengan adanya kunjungan Delegasi Uni Eropa di kota Semarang, maka ini adalah awal kerjasama yang panjang tidak hanya para pemimpinnya saja tetapi juga rakyatnya. “Uni Eropa datang ke Semarang maka kemudia semua warganya akan berbondong-bondong datang ke Semarang,” ujar Walikota menutup sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah dan menikmati jamuan makan malam bersama.